Rockwool : Pengertian, Fungsi Dan Harga Terbaru

Rockwool – Bahan peredam suara merupakan salah satu alat yang digunakan untuk dapat menahan suara baik itu dari dalam ataupun luar ruangan. Dapat dikatakan bahwa bahan peredam suara ini berfungsi untuk menahan suara agar tidak bocor keluar ataupun masuk ke dalam ruangan.

Ada banyak sekali jenis bahan peredam suara yang bisa kita temui dengan mudah di pasaran. Salah satu jenis bahan peredam suara yang paling banyak digunakan adalah Rockwool. Jenis bahan peredam suara yang satu ini banyak beredar di pasaran dalam bentuk lembaran jika Anda membelinya eceran. Sedangkan jika Anda membelinya dalam partai besar maka Anda akan mendapatkannya dalam bentuk roll.

harga rockwool

Pengertian Rockwool

Rocwool merupakan salah satu bahan material bangunan yang biasanya dimanfaatkan sebagai bahan untuk isolasi ruangan ataupun bangunan, entah itu rumah tinggal maupun bangunan komersial dari suara yang sangat bising.

rockwool peredam

Selain digunakan sebagai penahan suara, rocwool juga berfungsi untuk menahan panas dan lembab dalam ruangan. Ketebalan yang dimiliki oleh rockwool adalah 25 cm sampai 100 cm yang densitas bagian permukaanna mulai dari 30 g / meter persegi sampai dengan 100 g / meter persegi.

Bahan dasar rockwool adalah serat mineral ringan yang sudah dirancang secara khusus untuk dapat meredam berbagai suara. Terdapat dua macam jenis rockwool yang dijual di Indonesia, yakni rockwool yang menggunakan brand dan rockwool tanpa brand. Perbedaan keduanya tentu sangat jauh jika dilihat dari segi harganya.

Fungsi Rockwool

Penggunaan rockwool peredam suara dan peredam panas sebenarnya tidak hanya diaplikasikan khusus untuk bangunan saja, tetapi juga bisa digunakan untuk berbagai kegiatan yang lainnya seperti:

Fungsi Rockwool

  • Rockwool bisa difungsikan sebagai pelindung pipa supaya tidak mudah berkarat.
  • Rockwool bisa digunakan sebagai bahan peredam suara dan juga peredam panas pada suatu bangunan.
  • Bisa melindungi kapal dari lembab sehinggga akan terlindung dari jamur.
  • Di jaman yang sudah semakin modern seperti sekarang ini, rockwool sudah bisa kita manfaatkan sebagai media tanam hidroponik.

Baca Juga: Harga Aluminium Foil Atap

Keuntungan Rockwool

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan rockwool untuk bangunan Anda. Adapun keuntungan menggunakan rockwool adalah sebagai berikut:

Fungsi Rockwool

  • Tingkat kekedapan suara bisa dibilang sangat baik. Bahkan bisa dijamin bahwa 95% suara tidak akan bisa masuk.
  • Rockwool tidak mudah terbakar. Hal ini dikarenakan rockwool memiliki ketahanan cukup terhadap suhu tinggi yang sangat panas.
  • Harga jual rockwool sangat murah untuk kelas standar dengan fungsi dan manfaat yang sangat banyak.
  • Rockwool mampu untuk menyerap uap air sehingga bisa mencegah kelembaban dan jamur.
  • Sangat mudah dalam pemasangan dan juga instalasi. Meskipun demikian Anda harus selalu berhati-hati, sebab serpihan dari bahan rockwool ini cukup tajam. Disarankan untuk menggunakan masker ketika memasang rockwool supaya terhindar dari serpihan rockwool yang bisa saja terhirup karena akan sangat membahayakan paru-paru Anda.
  • Bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan industri dan juga kontruksi.
  • Rockwool bisa dimanfaatkan sebagai media tanam Hidroponik atau perkebunan.

Sebagai Media Tanam

Keuntungan Menggunakan Rockwool Sebagai Media Tanam

  1. Cocok untuk Semua Jenis Tanaman

Diatas sudah kami jelaskan bahwa rockwool juga bisa digunakan sebagai media tanam untuk berbagai jenis tanaman. Namun dalam hal ini, jenis tanaman sayuran yang disarankan adalah kangkung, selada, sawi, bayam, dan juga tanaman sayuran yang lainnya. Atau bisa juga tanaman herbs yang tidak tumbuh terlalu tinggi dan memiliki batang keras.

Mengapa demikian? Hal ini karena daya topang rockwool untuk tanaman sayur sangat membutuhkan media tanam yang lainnya seperti hidroton, batuan, coco peat, atau sekam bakar. Sehingga jika misalnya Anda aplikasikan untuk tanaman sayuran buah maka sudah pasti akan membutuhkan banyak biaya untuk pengeluaran media tanam.

Media tanam rockwool ini sebaiknya Anda gunakan sebagai media tanaman sayuran daun, sehingga dipastikan tidak akan membuat biaya pengeluaran membengkak.

  1. Ramah Lingkungan

Keuntungan Menggunakan Rockwool Sebagai Media Tanam

Media tanam rockwool sudah dibuat secara khusus sehingga bisa lebih steril dan bisa menyalurkan nutrisi hidroponik bagi tumbuhan secara maksimal. Dengan demikian maka media tanam rocwool ini juga sangat ramah bagi lingkungan.

  1. Tidak Berjamur

Media tanam rocwool ini merupakan hancuran dari batu apung yang telah dipanaskan dalam suhu sekitar 300 derajat celcius. Hal inilah yang membuat media tanaman rockwool tidak akan mudah berjamur.

  1. Ringan dan Praktis

Media tanam rockwool yang memiliki pori akan membuat massa rocwool ringan dan sangat praktis jika ingin dipindah tempatkan. Rocwool bisa Anda tempatkan dimasa saja dengan syarat bukan di tempat kering ataupun tempat yang tidak terkena air hujan.

  1. Mudah untuk Digunakan

Keuntungan Menggunakan Rockwool Sebagai Media Tanam

Selain sangat praktis, media tanam rockwool juga sangat mudah untuk digunakan. Seperti misalnya ketika melakukan pemotongan rockwool, jika dilakukan secara tepat maka selain memudahkan dalam pemotongan juga akan maksimal ketika proses penyemaian hingga proses panen.

  1. Tidak Mengandung Pathogen Penyebab Penyakit

Rockwool sesudah dihancurkan dari batu apung dan dipanaskan dalam suhu 300 derajat celcius akan terhindar dari serangan pathogen.

  1. Efisien dalam Penggunaan Air

Rockwool memiliki sifat yang sangat baik dalam menghantarkan nutrisi, sehingga hal ini juga bisa menghemat pemanfaatan air nutrisi bagi kebutuhan perkembangan dan pertumbuhan tanaman.

  1. Dapat Meminimalkan Penggunaan Disinfektan

Rockwool Dapat Meminimalkan Penggunaan Disinfektan

Rockwool bisa meminimalkan penggunaan disinfektan karena memiliki sifat yang steril sehingga sudah pasti dapat mengurangi resiko datangnya hama.

Cara Membuat Rockwool

Cara membuat rockwool bisa dibilang sangat sederhana tetapi tidak terlalu mudah, namun bagi orang yang masih awam mungkin akan berpikir bahwa hal ini sangat aneh karena rockwool tidak menggunakan tanah sama sekali. Wol batu biasanya dimanfaatkan sebagai subtrat biakan hidroponik.

Cara Membuat Rockwool

Bahan apakah yang terbuat dari wol batu? Wol batu dibuat dari bahan dasar batu seperti batubatara, batu kapur dan basal. Batu tersebut harus dipanaskan terlebih dahulu. Namun jika Anda mengalami kesulitan untuk menemukan batu-batu tersebut, disini kami kan menjelaskan mengenai beberapa bahan yang bisa dimanfaatkan untuk membuat wol batu.

Adapun beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat rockwool sederhana adalah sebagai berikut:

  • Kaca
  • Batu (Batu volcanic langsung dari gunung berapi, batu kapur atau bisa juga batu bara)
  • Keramik

Apabila Anda sudah mendapatkan berbagai macam bahan tersebut maka sekarang Anda sudah bisa mulai untuk membuat rockwool. Berikut ini adalah cara membuat rockwool sederhana sebagai media tanaman hidroponik:

  1. Panaskan terlebih dahulu kaca yang sudah Anda siapkan dengan suhu 230 sampai 260 derajat celcius.
  2. Bahan dasar batu juga perlu dipanaskan dengan suhu 700 sampai 850 derajat celcius.
  3. Ketiga keramik dipanaskan dalam suhu 1200 derajat celcius.
  4. Bahan akan pans dan mulai menyatu sehingga kemudian berubah menjadi seperti larva. Setelah itu tunggu sampai dinding. Batu-batu tersebut akan berubah menjadi serat larva.
  5. Jika batu sudah dingin maka pengempulan serat bisa dipotong dan Anda sesuaikan sendiri dengan kebutuhan.
  6. Rockwool sudah siap untuk digunakan.

Baca Juga: Harga Glasswool Peredam Suara

Daftar Harga Rockwool di Pasaran

Daftar Harga Rockwool di Pasaran

Komponen Harga
Slab per pak (1 pak berisi 16 slab) Rp570.000
Slab satuan Rp42.000
Plug per box (i box isi 14 sheet) Rp330.000
Sheet satuan (satu sheet isi 98 plug) Rp28.000

Leave a Comment