Rockwool : Pengertian, Fungsi Dan Harga Terbaru

Posted on

Rockwool – Bahan peredam suara merupakan salah satu alat yang digunakan untuk dapat menahan suara baik itu dari dalam ataupun luar ruangan. Dapat dikatakan bahwa bahan peredam suara ini berfungsi untuk menahan suara agar tidak bocor keluar ataupun masuk ke dalam ruangan.



Ada banyak sekali jenis bahan peredam suara yang bisa kita temui dengan mudah di pasaran. Salah satu jenis bahan peredam suara yang paling banyak digunakan adalah Rockwool. Jenis bahan peredam suara yang satu ini banyak beredar di pasaran dalam bentuk lembaran jika Anda membelinya eceran. Sedangkan jika Anda membelinya dalam partai besar maka Anda akan mendapatkannya dalam bentuk roll.

harga rockwool

Pengertian Rockwool

Rocwool merupakan salah satu bahan material bangunan yang biasanya dimanfaatkan sebagai bahan untuk isolasi ruangan ataupun bangunan, entah itu rumah tinggal maupun bangunan komersial dari suara yang sangat bising.

rockwool peredam

Selain digunakan sebagai penahan suara, rocwool juga berfungsi untuk menahan panas dan lembab dalam ruangan. Ketebalan yang dimiliki oleh rockwool adalah 25 cm sampai 100 cm yang densitas bagian permukaanna mulai dari 30 g / meter persegi sampai dengan 100 g / meter persegi.



Bahan dasar rockwool adalah serat mineral ringan yang sudah dirancang secara khusus untuk dapat meredam berbagai suara. Terdapat dua macam jenis rockwool yang dijual di Indonesia, yakni rockwool yang menggunakan brand dan rockwool tanpa brand. Perbedaan keduanya tentu sangat jauh jika dilihat dari segi harganya.

Fungsi Rockwool

Penggunaan rockwool peredam suara dan peredam panas sebenarnya tidak hanya diaplikasikan khusus untuk bangunan saja, tetapi juga bisa digunakan untuk berbagai kegiatan yang lainnya seperti:

Fungsi Rockwool

  • Rockwool bisa difungsikan sebagai pelindung pipa supaya tidak mudah berkarat.
  • Rockwool bisa digunakan sebagai bahan peredam suara dan juga peredam panas pada suatu bangunan.
  • Bisa melindungi kapal dari lembab sehinggga akan terlindung dari jamur.
  • Di jaman yang sudah semakin modern seperti sekarang ini, rockwool sudah bisa kita manfaatkan sebagai media tanam hidroponik.

Baca Juga: Harga Aluminium Foil Atap

Keuntungan Rockwool

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan rockwool untuk bangunan Anda. Adapun keuntungan menggunakan rockwool adalah sebagai berikut:



Fungsi Rockwool

  • Tingkat kekedapan suara bisa dibilang sangat baik. Bahkan bisa dijamin bahwa 95% suara tidak akan bisa masuk.
  • Rockwool tidak mudah terbakar. Hal ini dikarenakan rockwool memiliki ketahanan cukup terhadap suhu tinggi yang sangat panas.
  • Harga jual rockwool sangat murah untuk kelas standar dengan fungsi dan manfaat yang sangat banyak.
  • Rockwool mampu untuk menyerap uap air sehingga bisa mencegah kelembaban dan jamur.
  • Sangat mudah dalam pemasangan dan juga instalasi. Meskipun demikian Anda harus selalu berhati-hati, sebab serpihan dari bahan rockwool ini cukup tajam. Disarankan untuk menggunakan masker ketika memasang rockwool supaya terhindar dari serpihan rockwool yang bisa saja terhirup karena akan sangat membahayakan paru-paru Anda.
  • Bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan industri dan juga kontruksi.
  • Rockwool bisa dimanfaatkan sebagai media tanam Hidroponik atau perkebunan.

Sebagai Media Tanam

Keuntungan Menggunakan Rockwool Sebagai Media Tanam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *