Harga Keramik Granit Per Meter / Per Dus

Harga Granit Per Meter – Saat ini sudah banyak sekali jenis pelapis yang digunakan untuk lantai, mulai dari lantai keramik, granit, dan juga marmer. Namun lantai kayu mungkin sudah mulai ditinggalkan.

lantai granit

Kebanyakan orang lebih memilih untuk menggunakan lantai keramik granit jika dibandingkan dengan nuansa yang lainnya. Apabila Anda menginginkan nuansa alami maka tinggal pilih keramik granik dengan motif alam seperti kayu. Banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh lantai granit sehingga peminatnya pun semakin meningkat.

Selain memiliki motif yang sangat beraagam, kualitas dari granit patut dijadikan sebagai pilihan utama. Hal ini karena memiliki daya tahan yang cukup lama. Untuk lebih jelasnya berikut ini kami akan menjelaskan mengenai keunggulan granit. Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Keuntungan Menggunakan Keramik Granit

Keramik Granit

  1. Memiliki Daya Topang Tinggi

Lantai granit diproses menggunakan suhu tinggi, yaitu sekitar 1230 derajat celcius dan dipress dengan kekuatan 7200 PH. Hal tersebut menjadikan granit mampu untuk menopang beban yang sangat berat. Bahkan menurut hasil uji coba, granit mampu untuk menopang berat sampai 500 kg per meter persegi.

  1. Kuat dan Awet

Proses pembuatan keramik granit bisa dibilang jauh lebih rumit jika dibandingkan dengan keramik biasa. Lantai granit memang dibuat dengan proses pembakaran yang jauh lebih panas lalu diberikan tekanan sehingga akan sangat kuat. Inilah yang membuat granit tidak mudah rapuh, tidak mudah cepat, dan awat daripada keramik yang biasa.

  1. Lebih tahan Terhadap Geseken

Keunggulan lainnya adalah memiliki ketahanan terhadap goresan atau gesekan. Permukaan jenis keramik ini memiliki lapisan yang sangat kokoh kemudian dipoles sehingga mempunyai lapisan yang terlihat mengkilap dan kuat. Hal ini menjadikan keramik ini lebih tahan terhadap gesekan.

  1. Perawatan Mudah

Perawatan lantai granit bisa dibilang cukup mudah. Tinggal dibersihkan dengan lap basah kemudian dikeringkan dengan menggunakan lap kering. Anda bisa menggunakan cairan pembersih yang khusus untuk granit supaya semakin kinclong dan mengkilap.

Baca Juga:  Harga Lantai Vinyl Per Meter

Jenis-Jenis Keramik Granit

  1. Batu Granit Hitam

Batu Granit Hitam

Salah satu jenis granit yang paling populer dibandingkan jenis lainnya adalah batu granit hitam. Jenis ini bisa dibilang merupakan jenis terbaik dari granit yang ada. Dengan menggunakan keramik batu granit hitam maka  akan memberikan kesan yang elegan pada rumah Anda. Maka tak heran jika harganya juga cukup mahal.

  1. Granit Emas

Keramik Granit Emas

Granit emas ini pada umumnya banyak digunakan pada gedung-gedung atau bangunan besar. Jika Anda menggunakan granit emas maka ruangan akan terlihat lebih luas dan pastinya akan mewah. Sama halnya dengan batu granit hitam, jenis granit emas juga memiliki harga yang sangat mahal.

  1. Granit Coklat

Keramik Granit Cokelat

Jenis granit yang satu ini sangat cocok untuk digunakan pada jenis ruangan apapun karena memiliki sifat yang netral. Soal harga, harga jenis granit ini tidak semahal jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Namun Anda tidak perlu khawatir karena granit coklat tetap bisa memberikan kesan mewah dan sejuk dalam rumah Anda.

  1. Granit Putih

Keramik Granit Putih

Jika jenis granit yang lainnya dijual dengan harga mahal, maka tidak dengan granit putih. Harga granit ini bisa dibilang lebih murah dengan kualitas yang tidak kalah dengan jenis granit yang lainnya. Teksture dari keramik granit putih yang sedikit kasar dapat Anda aplikasikan pada beberapa ruangan tertentu.

Tips Memilih Model Keramik

Selain dari segi kualitas, dalam pemilihan keramik juga harus memperhatikan model, tekstur, motif supaya sesuai dengan fungsi ruangan ataupun konsep rumah secara menyeluruh. Adapun tips dalam memilih model keramik adalah sebagai berikut:

tips memilih keramik granit

  1. Warna Keramik

Dalam pemilihan warna keramik,  harus Anda sesuaikan dengan tema atau konsep rumah Anda sendiri. Jika rumah tidak terlalu luas maka sebaiknya memilih warna-warna lantai yang cerah. Sebab, keramik dengan warna gelap akan membuat ruangan rumah terkesan sangat sempit dan sumpek.

  1. Motif Keramik

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa semua jenis keramik, termasuk keramik granit memiliki banyak motif. Hal ini tentunya bisa membuat Anda mudah untuk memilih motif yang sesuai. Saat memilih motif keramik jangan lupa untuk menyelaraskannya dengan tema rumah Anda supaya bisa memaksimalkan aestetik setiap ruangan.

  1. Ukuran Keramik

Ukuran keramik juga harus disesuaikan dengan luas ruangan rumah. Ruangan yang cukup luas disarankan untuk menggunakan keramik dengan ukuran besar. Sedangkan untuk ruang kecil disarankan untuk menggunakan keramik dengan ukuran kecil. Hal ini karena memiliki peran penting karena dapat menciptakan kesan luas untuk rumah Anda.

  1. Permukaan Keramik

Pilihlah jenis keramik yang sesuai dengan fungsi ruangan. Keramik untuk lantai kamar mandi sebaiknya menggunakan keramik yang memiliki permukaan agak kasar sehingga nantinya tidak akan mudah untuk tergelincir. Sedangkan keramik yang digunakan untuk lantai ruang tidur, ruang keluarga, ataupun ruang tamu maka sebaiknya pilihlah lantai keramik yang memiliki permukaan halus.

Daftar Harga Keramik Granit Per Meter / Per Dus

harga keramik granit

Merk Granit Satuan Harga
Solfen Lappato
Surface lappato ocra 40 x 40 m2 209.650,-
Surface lappato pearl 30 x 60 m2 229.650,-
Surface lappato shade 60 x 60 m2 229.650,-
Surface lappato laterite 40 x 40 m2 249.650,-
Surface lappato coal 60 x 60 m2 269.650,-
Yura
Surface matt snow 40 x 40 m2 250.650,-
Surface matt ivory 30 x 60 m2 250.650,-
Surface matt foggy 60 x 60 m2 250.650,-
Nordik Stone
Surface matt blizzard 30 x 60 m2 180.650,-
Surface matt bora, fohn, kosawa, mistral 60 x 60 m2 180.650,-
Veinstone Matt
Surface matt beige 30 x 60 m2 250.650,-
Surface matt brown, black, grey 60 x 60 m2 250.650,-
Veinstone Lappato
Surface lappato beige 30 x 60 m2 280.650,-
Surface lappato brown, black, grey 60 x 60 m2 280.650,-
Megalito
Surface structured bianco 30 x 60 m2 188.650,-
Surface structured marrone, nero grigio 60 x 60 m2 280.650,-
Shavings
Surface matt treasure, antique, heritage, mystery 15 x 60 m2 280.650,-
Solfen Matt
Surface matt ocra 40 x 40 m2 149.650,-
Surface matt pearl 30 x 60 m2 169.650,-
Surface matt shade 60 x 60 m2 169.650,-
Surface matt laterite 40 x 40 m2 189.650,-
Surface matt coal 60 x 60 m2 209.650,-

Cara Merawat Keramik Granit Agar Tidak Mudah Kusam

Pada awal pemasangan, keramik granit sudah pasti akan terlihat sangat indah dan mengkilap. Tetapi seiring berjalannya waktu, kilap lantai ini akan semakin memudar. Maka dari itu, agar tidak memudah maka dibutuhkan perawatan secara tepat, yaitu:

Cara Merawat Keramik Granit

  1. Membersihkan Secara Rutin

Untuk mencegah warna granit bisa kotor dan pudar maka bisa Anda lakukan dengan membersihkan lantai sesering mungkin, yaitu dengan mengepelnya setiap hari. Jika perlu, Anda bisa menggunakan cairan yang khusus digunakan untuk granit agar kembali mengkilap seperti semula.

  1. Menggunakan Alat yang Tidak Menggores Lantai

Sama halnya dengan meterial lantai pada umumnya, dalam membersihkannya jangan sampai menggunakan alat yang sembarangan. Alat dengan bagian ujung lancip dan tajam harus dihindari karena bisa merusak tampilan granit.

Hindari pula alat yang bisa memicu abrasi pada lantai ini seperti misalnya spons abrasive ataupun handuk kasar. Sedangkan alat yang aman untuk digunakan dalam membersihkan granit ini adalah kain halus, tisu, atau alat lainnya.

  1. Memoles Granit

Cara lainnya yang bisa digunakan untuk membuat lantai granit selalu terlihat mengkilap adalah dengan memolesnya. Namun hal ini tidak bisa Anda lakukan sendiri, Anda bisa menghubungi langsung jasa memoles lantai granit yang sudah banyak tersebar di beberapa kota besar.

  1. Menggunakan Pelarut dengan pH Seimbang

Perawatan keramik granit sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Untuk membuatnya mengkilap maka Anda bisa menggunakan bahan campuran air dan juga sabun lembut, lalu semprotkan langsung pada area lantai yang ingin dibersihkan.

Jika sudah maka bilas kembali menggunakan handuk agar lantai menjadi kering dan bisa Anda gunakan kembali. Dalam hal ini jangan sampai Anda menggunakan sabun dari cairan bersifat asam seperti air perasan jeruk. Sebab bisa merusak permukaan lantai granit.

Leave a Comment