Keramik Kamar Mandi Untuk Lantai Dan Dinding


Keramik Dinding Kamar Mandi – Penggunaan keramik untuk dipasang di kamar mandi merupakan hal yang sangat penting. Dalam hal ini Anda harus memilih keramik yang anti selip dan memiliki tekstur kasar. Tujuannya adalah supaya nantinya Anda tidak terpeleset ataupun terjatuh di kamar mandi.



Lantai Kamar Mandi

Sedangkan untu ukuran keramik yang ingin digunakan, khususnya untuk tempat bilas sebaiknya tidak memiliki ukuran terlalu besar. Hal tersebut bertujuan agar sistem drainase bisa berjalan lebih efisien dan tidak akan lama menggenang di lantai kamar mandi. Celah antar keramik juga memiliki fungsi sebagai saluran yang dapat mempercepat air untuk mengalir ke tempat pembuangan.

Keramik Kamar Mandi

Lantai Kamar Mandi

Renovasi kamar mandi bisa dibilang merupakan sebuah pekerjaan yang susah-susah gampang karena ada banyak sekali faktor yang harus diperhatikan. Beberapa faktor tersebut adalah memanfaatkan ruang dengan sebaik-baiknya, mengatur pencahayaan dalam ruangan sampai jenis keramik kamar mandi untuk lantai dan dindingnya.

Dalam pemilihan keramik kamar mandi dengan kualitas terbaik, Anda juga harus memperhatikan ketahanan dari-nya. Menurut hasil sebuah tes dari PEI atau Procelain Enamel Institute, mengutip Build Direct, ketahanan suatu keramik dapat dinilai berdasarkan poin 0 sampai dengan 5.



Keramik yang memiliki nilai satu dan dua merupakan standar yang paling umum digunakan untuk kamar mandi. Namun jika ruma Anda ditempati oleh banyak orang maka sebaiknya menggunakan keramik kamar mandi yang memiliki nilai minimal 3 sampai 5.

Fungsi Keramik Bagi Kamar Mandi

Selain untuk menambah nilai estetika, keramik yang dipasang di lantai dan dinding kamar mandi juga mempunyai banyak fungsi. Dua manfaat diantaranya adalah membuat kamar mandi agar lebih mudah untuk dibersihkan serata tahan lama karena bahan material keramik sifatnya sangat kuat.

Selain kedua hal ini, masih banyak fungi keramik yang biasa dipasang di kamar mandi, yaitu:

Fungsi Keramik Bagi Kamar Mandi



  1. Menyemarkan Kotoran

Beberapa jenis keramik mempunyai motif, sehingga akan membuat debu dan kotoran yang menempel bisa lebih tersamarkan. Hal ini tentu menjadi kelebihan tersendiri jika Anda merupakan orang sibuk yang tidak sempat untuk membersihkan kamar mandi.

  1. Dekorasi Tambahan

Material keramik yang dipasang di dinding kamar mandi yag mempunyai motif atau pola, bisa berfungsi untuk menjadi dekorasi tambahan pada desain interior ruang kamar mandi. Seperti yang kita tahu bersama bahwa pola dan motif keramik sangat beragam, maka Anda bisa dengan bebas memilih serta mencocokannya sesuai dengan tema desain interior ruang kamar mandi tersebut.

  1. Memberikan Kesan Modern

Penggunaan keramik pada dinding kamar mandi akan membuat ruangan terlihat modern. Meskipun dipasang di semua sisi kamar mandi (mulai dari lantai sampai dengan dinding), tetapi bahan material yang satu ini tidak akan membuat ruangan kamar mandi Anda nampak mononton dan tidak menarik. Apalagi sekarang ini sudah ada banyak jenis serta motif yang digunakan untuk kamar mandi.[

Baca Juga: Desain Kamar Mandi Minimalis

Model Keramik Kamar Mandi

  1. Keramik Kamar Mandi Vintage

Keramik Kamar Mandi Vintage

Apabila Anda menyukai ruangan dengan kesan klasik, menggunakan keramik kamar mandi yang memiliki motif talavera merupakan pilihan yang tepat. Supaya kamar mandi Anda terlihat luas maka Anda bisa menggunakan keramik lantai motif talaver dengan warna gelap yang kemudian dikombinasikan dengan dinding ruangan berwarna putih.

Selain bisa menciptakan nuansa vintage, dengan menggunakan keramik kamar mandi vintage ini maka ruangan Anda juga akan terlihat sangat mengesankan dengan basis monokromatik.



  1. Keramik Kamar Mandi Motif Batu Alam

Keramik Kamar Mandi Motif Batu Alam

Keramik kamar mandi motif batu alam sampai sekarang ini masih banyak digunakan. Hal ini karena memang sangat memikat ketika dilihat. Seperti keramik batu marmer yang memiliki warna dasar putih yang dapat membuat ruang kamar mandi terlihat selalu bersih dan elegan.

Untuk menciptakan kamar mandi yang memiliki kesan dingin dan alami, maka Anda bisa memilih keramik lantai yang bermotif batu andesit. Keramik model ini akan sangat cocok sekali bagi Anda yang tidak menyukai kamar mandi dengan nuansa sangat cerah. Selain memberikan kesan alami motif ini juga akan memunculkan sisi modern kamar mandi.

  1. Keramik Kamar Mandi Motif Kayu

Keramik Kamar Mandi Motif Kayu

Selain motif batu alam, keramik yang memiliki motif elemen kayu juga dapat menciptakan kesan alami yang kuat. Batu alam memang dapat membuat suasana di kamar mandi terasa dinding dan teduh, tetapi keramik bermotif kayu akan memberikan kesan hangat dalam kamar mandi.

Anda juga bisa mengkombinasikan motif kayu dengan keramik lantai kamar mandi dengan motif batu alam secara bersama seperti pada contoh gambar diatas, hal ini bertujuan supaya kesan alami bisa semakin kuat.

  1. Keramik Kamar Mandi Geometri

Keramik Kamar Mandi Geometri

Keramik kamar mandi dengan bentuk geometri merupakan salah satu jenis keramik yang cocok digunakan untuk berbagai macam konsep dekorasi. Apabila Anda menginginkan kamar mandi Anda memiliki konsep retro klasik, maka Anda dapat memilih keramik geometeri dengan warna matte yang sama.

Tetapi apabila Anda menginginkan dekorasi modern, cukup pilih saja keramik geometri yang memiliki warna glossy seragam. Perpaduan dari warna cerah yang pas dapat menciptakan nuansa retro dan modern yang sangat kuat.



Leave a Comment