Harga Closet Duduk Dan Jongkok Berbagai Merk

Posted on

Harga Closet Duduk Dan Jongkok – Closet menjadi salah satu aspek penting yang ada di dalam sebuah kamar mandi. Pemilihan jenis kloset sendiri umumnya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.



Nah, pada artikel ini, kami akan membahas mengenai harga closet duduk dan jongkokk berbagai merek. Informasi harga yang kami sampaikan ini berdasarkan spesifikasi dan juga merknya.

Closet Duduk dan Closet Jongkok

Selain itu memberikan informasi mengenai  harga closet, kami juga akan menjelaskan pengertian closet, jenis, kelebihan dan kekurangan closet, tips memilih closet sampai dengan tips membersihkan closet. Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Closet?

closet kamar mandi

Closet adalah nama lain dari kakus, toilet, WC atau closet, yaitu sebuah perlengkapan sanitair yang digunakan untuk membuang air seni dan kotoran (feses). Di Indonesia sendiri, istilah closet lebih mengacu pada sebuah tempat atau media untuk membuang kotoran.



Sedangkan WC, toilet, dan kakus merupakan istilah umum yang menjelaskan mengenai sebuah tempat yang digunakan untuk membuang air dimana di dalamnya terdapat closet. Tetapi meskipun demikian, pada praktiknya sendiri semua istilah tersebut disamaartikan.

Jenis-Jenis Closet

Closet Duduk dan Closet Jongkok

Secara umum, closet dibedakan menjadi dua macam, yaitu closet duduk dan closet jongkok. Setiap jenis closet ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing. Closet duduk merupakan sebuah closet yang dimana penggunaannya dengan cara duduk dan banyak digunakan oleh negara-negara Barat.

Sedangkan closet jongkok merupakan sebuah closet yang dimana penggunaannya dengan cara berjongkok dan biasanya digunakan di Indonesia. Di Indonesia sendiri, mulai dari kalangan menengah ke bawah lebih banyak menggunakan closet jongkok. Sementara untuk closet duduk lebih banyak digunakan oleh kalangan atas atau tempat publik seperti misalnya di mall-mall besar.

Masing-Masing Kelebihan Closet Duduk dan Closet Jongkok

Kelebihan Closet Duduk



Closet jongkok ataupun closet duduk masing-masing mempunyai tersendiri, yaitu:

1. Closet Duduk

  • Memiliki tampilan yang lebih modern, elegan, dan mewah.
  • Akan lebih nyaman jika digunakan oleh ibu hamil, lansia, dan juga penderita obesitas.
  • Tidak akan membuat kram otot dan lutut walaupun digunakan cukup lama.
  • Tidak akan menyebabkan kesemutan.

2. Closet Jongkok

  • Terhindar dari berbagai macam kuman dan bakteri karena tidak menempel secara langsung dengan tubuh.
  • Dapat melatih kekuatan otot paha dan juga kaki.
  • Posisi jongkok akan lebih cepat mendorong kotoran (feses) keluar.
  • Sangat cocok untuk digunakan oleh penderita wasir atau ambeien.

Masing-Masing Kekurangan Closet Duduk dan Closet Jongkok

Closet Jongkok

Selain memiliki banyak kelebihan, baik closet duduk ataupun closet jongko masing-masing juga mempunyai kekurangan, yaitu:

1. Closet Duduk



  • Kurang higienis dan bisa menjadi sarang kuman serta bakteri karena kontak secara langsung dengan tubuh.
  • Dapat mengakibatkan perpindahan bakteri, kuman, dan jamur dengan sangat cepat.
  • Dapat memicul timbulnya penyakit infeksi saluran kencing apabila closet duduk kurang higienis.
  • Posisi duduk akan membuat proses keluarnya kotoran (feses) lebih lama.

2. Closet Jongkok

  • Dapat memicu timbulnya penyakit arthritis (gangguan lutut)
  • Bisa cepat merasa kesemutan.
  • Bisa cepat merasa pegal.
  • Sulit untuk digunakan oleh ibu hamil, lansia, dan penderita obesitas.

Mana yang Lebih Sehat, Closet Duduk atau Closet Jongkok?

Mana yang Lebih Sehat, Closet Duduk atau Closet Jongkok?

Menurut para ahli mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan kedua jenis closet ini, lebih disarankan menggunakan toilet jongkok untuk BAB daripada toilet duduk. Bagaimana jika dirumah terlanjur memasang closet duduk? Apakah harus dibongkar dan menggantinya dengan closet jongkok?

Tidak perlu, Anda bisa membeli sebuah bangku pendek (dingklik) yang kemudian ditempatkan pada bagian bawah kaki pada saat BAB. Posisi yang sudah mirip dengan berjongkok ini bisa membuat otot-otot usus menjadi rileks dan untuk jalur keluar feses akan menjadi lebih lapang.

Memilih Closet Untuk Kamar Mandi

Memilih Closet Kamar Mandi

Setiap jenis closet memang memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Nah, supaya Anda tidak bingung kami disini akan memberikan tips yang mungkin bisa bermanfaat untuk Anda dalam memilih closet.

  1. Corak dan Warna

Ini merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan saat membeli closet kamar mandi.  Perhatikan terlebih dahulu apakah corak dan warna cocok dengan lantai ataupun keramik dinding kamar mandi Anda. Jika kombinasi warna tidak sesuai maka kenyamanan mata Anda pada saat berada di kamar mandi akan terganggu. Maka dari itu, buatlah selembut mungkin dengan sedikit aksen warna yang mencolok pada beberapa titik.

  1. Ukuran

Ukuran juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan, untuk jenis closet jongkok mungkin memiliki ukuran yang seragam, tetapi untuk jenis closet duduk ukurannya sangat bervariasi. Dalam hal ini jangan sampai menggunakan ukuran closet yang terlalu besar pada ruang kamar mandi yang kecil.

Untuk masalah ukurannya sangat detail, tetapi kami hanya membahas faktor ketinggian dari lantai saja. Terdapat dua macam jenis ukuran, yakni ukuran 14 sampai 15 inci dan 16 sampai 17 inci. Yang paling banyak digunakan adalah ukuran standar, sedangkan untuk ukuran 16 sampai 17 inci biasanya digunakan bagi mereka yang memiliki postur tubuh tinggi.

  1. Apakah Hemat Air

Masalah hemat air ini juga perlu Anda pertimbangkan pada saat memilih jenis closet khususnya untuk closet jenis duduk. Pilihlah closet yang mempunyai sistem mekanisme serta pembilasan yang dapat melakukan penghematan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *