Cara Pasang Kloset Duduk Manual Dan Siram

Posted on

Cara Pasang Kloset Duduk Manual Dan Siram – Ada dua jenis kloset yang biasa digunakan oleh masyarakat luas. Kedua jenis kloset tersebut adalah kloset duduk dan kloset jongkok. Baik kloset duduk ataupun kloset jongkok masing-masing sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Sehingga penggunaannya bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.



Namun penggunaan kloset duduk sekarang ini banyak dipilih terutama oleh lansia atau yang memiliki penyakit tertentu. Alasannya tak lain karena penggunaan kloset duduk dirasa lebih mudah daripada kloset jongkok. Bahkan kloset duduk juga diklaim lebih bersih dan sangat mudah untuk dibersihkan.

Baca juga: Standar Pemasangan Kloset Jongkok Bercorong

Nah, bagi Anda yang ingin memasang kloset duduk di rumah,  kami disini akan memberikan panduan secara lengkap mengenai cara memasang kloset duduk manual dan siram yang benar di rumah. Lebih jelasnya, langsung saja simak tips berikut ini.

Pemasangan Kloset Duduk Manual

Setiap merk kloset duduk biasanya sudah memiliki panduan dan cara pemasangan masing-masing. Namun pada intinya, untuk cara pemasangannya tidak begitu sulit untuk dilakukan. Bahkan proses pemasangannya juga tidak membutuhkan waktu yang cukup lama.

Jika Anda masih bingung, maka Anda bisa simak panduan umum berikut ini yang bisa Anda ikuti dengan mudah.



Baca juga: Harga Shower Kamar Mandi Berbagai Merk

  1. Menyiapkan Alat

Sebelum melakukan pemasangan kloset, ada beberapa alat yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu. Adapun berbagai macam alat yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

  • Bor tangan;
  • Tang;
  • Obeng;
  • Gergaji besi;
  • Pipa;
  • Kunci pipa;
  • Lem;
  • Kunci inggris, dan lain sebagainya.
  1. Pemasangan Pipa

Jika semua alat yang dibutuhkan sudah siap, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasang pipa PVC. Pemasangan pipa ini nantinya akan digunakan sebagai saluran pembuangan. Untuk ukuran pipa yang disarankan adalah 4 inchi.

Ada dua hal penting yang harus Anda perhatikan dalam pemasangan ini. Pertama adalah mengukur ukuran model kloset secara tepat, dan kedua pastikan bahwa jarak antara lubang dan dinding sudah sesuai. Hal ini penting untuk diperhatikan karena antara satu merk dengan merek yang lainnya memiliki ukuran dimensi kloset duduk yang berbeda. Mereka tak memiliki ukuran baku. Mereka tak memiliki ukuran baku.



  1. Proses Pemasangan Keramik

Setelah pemasangan pipa PVC sudah selesai maka bisa dilanjutkan dengan fase pemasangan keramik. Berbeda halnya dengan pemasangan kloset jongkok, proses pemasangan keramik pada kloset duduk harus didahulukan. Pasalnya, jika pemasangan keramik dilakukan di akhir maka Anda akan repot sendiri.

Saat memasang dinding keramik, jangan lupa untuk memperhatikan dimana kran nantinya akan dipasangan. Kran ini jangan sampai dipasang terlalu dekat ataupun terlalu jauh. Selain itu, pemotongan dan pemasangan keramik bisa dibuat sesuai dengan bentuk lubang. Namun jika Anda mengalami kesulitan bissa dibuat dengan bentuk persegi 4 saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.