Standar Pemasangan Kloset Jongkok Bercorong

Posted on

Standar Pemasangan Kloset Jongkok Bercorong – Saat berencana untuk membangun sebuah kamar mandi, Anda akan dihadapkan dengan dua pilihan, ingin menggunakan kloset jongkok atau kloset duduk. Setiap jenis kloset tersebut sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Anda bebas untuk menentukan pilihan kloset yang ingin dipakai.



Namun dari kedua jenis kloset tersebut, kloset jongkok selalu dijadikan pilihan utama. Meskipun terkesan kuno, sebagian masyarakat lebih nyaman jika menggunakan kloset jongkok. Bahkan penggunaan kloset jongkok dianggap lebih sehat dibandingkan kloset duduk.

Baca juga: Harga Closet Duduk Dan Jongkok Berbagai Merk

Kloset jongkok ini juga terbagi dalam dua macam, yaitu closet jongkok dengan saluran buangan ber corong dan kloset jongkok dengan saluran buangan tanpa corong. Sedangkan untuk cara pasangnya sendiri bisa dibilang cukup mudah. Nah, kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara pemasangan kloset jongkok yang mungkin bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan. Berikut ulasannnya.

Pemasangan Kloset Jongkok  Bercorong

Contoh pemasangan kloset jongkok bercorong bisa dilihat pada gambar berikut ini:



Berdasarkan gambar diatas bisa dilihat bahwa air kotor buangan closet yang keluar, akan langsung masuk secara menyeluruh ke dalam pipa 4” yang merupakan pipa saluran air kotor buangan kloset, dan tidak membasahi bagian permukaan plat lantai beton.

Hal ini tentu sangat efektif dalam mencegah terjadinya kebocoran pada lantai kamar mandi, karena memang air buangannya akan masuk ke dalam pipa buangan 4” yang mengalir secara langsung ke septic-tank.

Baca juga: Cara Pasang Kloset Duduk Manual Dan Siram

Baca juga: Cara Mengatasi WC Mampet Dengan Cepat

Tahapan Cara Pemasangan Kloset Jongkok yang Mudah

Cara pasang kloset jongkok bisa dibilang sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Berikut ini adalah tahapan caranya yang bisa Anda ikuti:



  1. Menyiapkan Alat

Sebelum melakukan pekerjaan pemasangan, tentu ada beberapa alat yang harus disiapkan terlebih dahulu. Alat-alat tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pipa PVC;
  • Kloset jongkok;
  • Batu bata atau batako;
  • Adukan semen; dan
  • Keramik lantai.
  1. Menentukan Posisi Kloset Jongkok

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam pemasangan kloset jongkok adalah menentukan posisi yang tepat. Posisi yang tepat berarti harus menyesuaikan ukuran kloset dengan ukuran lokasi yang akan digunakan.

Adapun untuk dimensi kloset jongkok per ruangan yang paling ideal adalah 70 cm x 70 cm. Namun hal ini harus disesuaikan lagi dengan ukuran ruangan kamar mandi Anda, usahakan untuk lebih luas.

Baca juga: Harga Upah Borongan Bangunan Rumah 2022

  1. Pemasangan Pipa PVC Sebagai Saluran Pembuangan

Langkah selanjutnya adalah memasang pipa PVC yang memiliki ukuran 4 inci sebagai saluran pembuangan kloset. Pipa PVC ini harus dipasangan rata dengan lantai kamar mandi. Pastikan juga bahwa lantainya sudah dibuat rata dengan cara dicor lebih dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.