Gambar Dan Jenis Rencana Atap / Denah Atap

Posted on

Gambar Dan Jenis Rencana Atap / Denah Atap – Atap menjadi salah satu bagian bangunan yang sangat vital karena berfungsi sebagai penutup bangunan dan melindungi bagian dalam bangunan dari berbagai macam cuaca seperti hujan ataupun panas. Atap yang memiliki bentuk sesuai dengan perencanaan maka akan akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, estetik sampai dengan sirkulasi udara yang ada di dalam rumah.



Perencanaan atap sendiri adalah gambar rancangan bentuk atap yang ingin dibangun, sekaligus menunjukkan bentuk atap setelah bangunan berdiri. Oleh karena itu, jika Anda sekarang ini berencana untuk membangun rumah maka bagian atap penting untuk diperhatikan.

Baca juga: Denah Atap Pelana, Rencana Dan Desain Rangka

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai gambar dan jenis rencana atap yang mungkin bisa membantu Anda. Mari simak ulasan selengkapnya pada pembahasan di bawah ini.

Jenis-Jenis Rencana Atap

  1. Rencana Atap Datar

Atap rumah datar merupakan jenis atap rumah paling sederhana dan mudah dibuat. Jenis atap yang satu ini memiliki bentuk horizontal tanpa adanya pertemuan sisi.



Sedangkan untuk pengaplikasiannya, atap rumah dengan model datar seperti ini banyak digunakan pada rumah-rumah mengusung gaya minimalis dan bangunan bertingkat. Jika Anda menggunakan model atap rumah ini maka dapat dipastikan tampilan rumah akan menjadi ringkas dan lurus.

Baca juga: Jarak Gording Atap Rumah Dan Perhitungannya

  1. Rencana Atap Pelana

Rencana atap pelana merupakan salah satu jenis atap yang paling populer di Indonesia. Modelnya bisa dibilang paling aman dan sederhana sehingga banyak digunakan pada bangunan seperti perkantoran dan bangunan sekolah.

Adapun ciri khusus yang dimiliki oleh rencana atap pelana ada pada bentuknya yang berupa dua bidang trapesium dengan sudut sekitar 30 sampai 40 derajat yang bertemu pada bagian puncaknya. Model atap ini memang cocok jika dijadikan sebagai pilihan utama karena mampu mengalirkan air hujan dan dapat mengurangi panas dengan baik.



Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Atap Spandek

  1. Rencana Atap Gergaji

Jenis rencana atap yang berikutnya adalah rencana atap gergaji. Atap ini terdiri dari dua bidang atau lebih yang dimana masing-masing memiliki sudut lereng sebesar 30 sampai dengan 60 derajat. Namun sudut ini juga bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada di dalam ruangan.

Bentuk atap ini banyak digunakan pada bangunan pabrik atau gedung industri. Hal tersebut karena bentuknya yang curam sehingga bisa melindungi pekerja dan mesin-mesin pabrik dari sinar matahari secara langsung. Meski begitu, model atap rumah ini juga bisa digunakan untuk hunian. Di Rusia, banyak sekali hunian yang menggunakan model atap seperti ini.

  1. Rencana Atap Perisai atau Limasan

Leave a Reply

Your email address will not be published.