Denah Atap Pelana, Rencana Dan Desain Rangka

Posted on

Denah Atap Pelana, Rencana Dan Desain Rangka  – Dalam proses pembangunan rumah ataupun bangunan, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk mendapat hasil yang sesuai. Semuanya tergantung dari niat dan keinginan Anda sendiri.



Rumah yang ingin dibangun sudah pasti memiliki rancangan rencana atap. Bentuk atap yang digunakan juga tergantung dari pemilik rumah. Adapun beberapa bentuk atap yang bisa dipilih adalah atap limas, atap pelana, atap gergaji, dan lain sebagainya. Namun dari beberapa bentuk atap tersebut yang paling populer adalah atap pelana.

Baca juga: Gambar Dan Jenis Rencana Atap

Bagi Anda yang sekarang ini tertarik untuk membangun rumah dengan atap pelana, kami disiniakan memberikan beberapa contoh atau rencana atap pelana yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Namun sebelum itu simak terlebih dahulu pembahasan mengenai atap pelana berikut ini.

Mengenal Atap Pelana

Model atap ini biasa disebut sebagai atap pelana karena memiliki bentuk yang hampir menyerupai pelana kuda. Atap pelana bisa dibangun dengan mudah menggunakan semua material karena proses pemasangannya yang bisa dibilang cukup mudah. Adapun beberapa material yang bisa digunakan untuk atap model pelana adalah baja ringan, kayu dan besi.

Meskipun sudah ada sejak dulu, atap ini tetap terlihat menarik sampai sekarang ini. Untuk menjaga eksistensinya, atap pelana bisa dimodifikasi menjadi berbagai macam bentuk model yang jauh lebih unik dan modern. Jenis atap yang satu ini cocok digunakan untuk daerah tropis, karena kemiringannya mampu menyerap panas dengan baik.



Baca juga: Jenis Dan Ukuran Atap Rumah Multiroof

Struktur Rencana Atap Pelana

Atap pelana mempunyai dua bidang atap yang bertemu pada sebuah garis yang biasa disebut dengan bubungan. Bentuknya yang sederhana membuat atap pelana banyak digunakan untuk rumah dan bangunan yang minimalis.

Baca juga: Rumus Menghitung Tinggi Atap Rumah

Rumah atau bangunan dengan atap pelana bisa ditemukan dengan mudah di beberapa wilayah di Indonesia. Wilayah Jawa seperti Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah banyak sekali rumah atau bangunan yang menggunakan bentuk atap yang satu ini.

Struktur atap adalah bagian dari sebuah bangunan yang menahan atau mengalirkan semua beban dari atap. Struktur atap ini sendiri terbagi dalam dua bagian yaitu rangka atap dan penopang rangka atap. Rangka atap ini memiliki fungsi sebagai penopang beban dari atap itu sendiri.



Umumnya berupa susunan dari balok dan reng secara vertikal dan horizontal. Dengan adanya posisi inilah maka ada beberapa istilah seperti reng, kaso, dan gording. Susunan rangka atap inilah yang membuat terciptanya bentuk atap. Seperti misalnya denah rencana atap pelan dan rencana atap limas.

Baca juga: Cara Menghitung Jumlah Genteng Per m2

Contoh Gambar Rencana Atap Pelana

Leave a Reply

Your email address will not be published.