Standar Pemasangan Kloset Jongkok Bercorong

Posted on

Kloset jongkok yang dipasang di kamar mandi akan lebih baik jika dipasang dengan level ketinggiaan yang berbeda dengan lantai utama. Ketinggiannya adalah sekitar 15 sampai 20 cm.



  1. Posisi Lubang Pembuangan

Posisi lubang pembuangan dapat mempengaruhi letak dan keberhasilan dalam pemasangan kloset jongkok, apalagi jika ruangan yang tersedia sangat terbatas. Oleh karena itu, ada dua hal penting yang harus diperhatikan dengan baik yaitu:

  • Posisi lubang memiliki jarak dengan dinding samping setidaknya 35 cm.
  • Sama halnya dengan posisi dinding belakang, harus memiliki jarak sekitar 35 sampai 40 cm.

Sebagai catatan, jika ukuran yang disediakan untuk kloset terbilang cukup luas maka ukuran tersebut tidak berlaku.

  1. Membuat Segi Empat (Kotakan)

Tahapan cara pemasangan kloset jongkok berikutnya adalah membuat segi empat atau kotakan. Kotakan ini nantinya sangat dibutuhkan sebagai dinding penahan kloset jongkok. Untuk ukurannya bisa disesuaikan dengan ukuran kloset jongkok yang ingin Anda pasang.

Berbagai macam merk kloset jongkok pada umumnya memiliki ukuran yang sama. Kotakan atau segi empat ini bisa Anda buat dari bahan semen dan batu bata atau bisa juga semen dengan batako. Anda harus pastikan bahwa seluruh adukan semen benar-benar rata supaya pemasangan kloset jongkok lebih mudah untuk dilakukan.



Baca juga: Harga Tandon / Tangki Air Stainless Dan Plastik

  1. Memasang Kloset Jongkok

Setelah pembuatan kotakan sudah selesai dilakukan, maka kloset jongkok bisa langsung di pasang pada kotakan tersebut. Dalam proses ini, jangan sampai Anda menunggu kotakan tersebut mengering.

Pemasangan kloset jongkok harus segera dilakukan jika kotakan sudah selesai dibuat. Hal ini bertujuan supaya bentuk dudukan nantinya dapat menyesuaikan. Jika sudah terpasang, Anda bisa mencoba untuk duduk di atas pijakan dan membuat sedikit tekanan.

Kemudian uji kerataan level kloset jongkok tersebut dengan menggunakan alat yang bernama waterpass. Jika kloset duduk sudah terpasang dengan rapi dan rata maka tunggu selama beberapa hari sampai kering sepenuhnya.



  1. Memasang Keramik

Sembari menunggu kloset tersebut benar-benar kering sepenuhnya, Anda bisa memasang aci plester dan keramik di sekitar kloset jongkok.

Baca juga: Cara Menghitung Sumur Resapan Dan Contoh Analisa

Itulah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti dengan mudah dalam memasang kloset jongkok. Semoga informasi yang kami sampaikan pada artikel kali ini bisa bermanfaat terutama bagi Anda yang sedang ingin memasang kloset jongkok di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.