Model Desain Kamar Mandi Minimalis 2020

Desain Kamar Mandi Minimalis – Kamar mandi menjadi bagian yang tak terpisahkan dari desain sebuah rumah. Hal ini karena ruang kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang memiliki peran sangat penting di dalam rumah.

Kamar mandi adalah sebuah tempat yang biasa digunakan untuk membersihkan diri serta tempat relaksasi untuk melepas rasa penat setelah beraktivitas selama seharian penuh di luar rumah.

Desain Kamar Mandi Minimalis

Karena menjadi ruangan yang sangat penting keberadaanya, kamar mandi tentunya harus didesain dengan sebaik mungkin supaya nyaman saat digunakan. Memilih sebuah kamar mandi yang bagus serta nyaman untuk digunakan bisa Anda wujudkan dengan menerapkan desain yang tepat.

Saat ini sudah banyak sekali desain kamar mandi terbaik yang bisa Anda gunakan. Namun meskipun demikian, memilih desain yang tepat bisa dibilang sangat sulit. Sebab, ada banyak faktor yang harus Anda pertimbangkan supaya menghasilkan desain akhir yang sesuai dengan impian Anda.

Bagaimana Cara Mendesain Kamar Mandi?

Desain Kamar Mandi Minimalis

Cara mendesain kamar mandi bisa Anda mulai dengan memilih skema warna yang disukai. Kemudian Anda bisa menyesuaikan elemen yang lainnya, mulai dari lantai, meja, pengaturan pencahayaan, warna dinding, dan juga akesesori yang diperlukan dalam kamar mandi.

Salah satu tips yang kami berikan kepada Anda adalah sebaiknya Anda merancang ruang kamar mandi bersamaan dengan dapur. Hal ini karena ada beberapa benda yang diperlukan dalam kedua ruang tersebut seperti lantai keramik, wastafel, dan meja. Sedangkan untuk kamar mandi pastinya juga diperlukan shower, bath tub, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Harga Keramik Dinding Kamar Mandi

Hal-Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membangun Kamar Mandi

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, jika Anda ingin membangun kamar mandi baik itu mendesain sendiri ataupun meminta bantuan kepada jasa interior, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, yaitu:

Membangun Kamar Mandi

  1. Fungsi dan Kegunaan Fitur

Ada yang menjadikan ruang kamar mandi sebagai tempat untuk mandi sekaligus sebagai tempat cucian, dan ada juga yang menjadi kamar manadi sebagai tempat untuk bersih-bersih saja. Pikirkan terlebih dahulu mengenai hal apa saja yang ingin dilakukan di kamar mandi.

Jika misalnya kamar mandi nantinya hanya digunakan sebagai tempat untuk cuci kecil (seperti cuci muka ataupun kamar mandi yang terpisah khusus untuk tamu) maka Anda tida perlu furniture besar untuk ditempatkan dalam kamar mandi.

  1. Menentukan Lokasi Kamar Mandi

Lokasi kamar mandi dalam hunian tempat tinggal mempunyai peran penting khususnya dalam hal efisiensi serta kegunaannya. Sebaiknya kamar mandi berlokasi dekat dengan ruangan lainnya yang dimana air sering dibutuhkan seperti misalnya ruang dapur atau tempat khusus mencuci.

Ini akan membantu dalam instalasi sistem pemanas air yang perlu dipasangkan dekat dengan lokasi ruang yang sering membutuhkan air. Semakin dekat perangkat sistem pemanas air dengan lokasi kamar mandi maka akan semaki tinggi pula efisisensi penggunaan air.

  1. Perhatikan Luas dan Denah

Luas dari ruang kamar mandi juga sangat penting sekali untuk Anda pertimbangkan. Apabila terlalu luas tentunya akan memakan ruang lain yang berdekatan dengan kamar mandi tersebut. Maka dari itu, usahakan untuk membuat sketsa dasar denah kamar mandi yang ingin dibanding, mencakup arah pintu yang terbuka, apakah ke dalam atau justru ke luar. Apabila bagian pintu terbuka ke arah dalam maka Anda akan mengalami kesulitan untuk menaruh apapun di balik pentu.

  1. Mengetahui Jumlah Penghuni Rumah

Sebuah keluarga yang menggunakan ruang kamar mandi sudah pasti mempunyai kebutuhan berbeda jika dibandingkan dengan pasangan yang sudah lansia ataupun rumah yang hanya dihuni oleh satu orang saja.

Jadi, jumlah penghuni rumah dapat mempengaruhi desain kamar mandi Anda nantinya. Apakah Anda membutuhkan dua wastafel, shower, atau bathub?

Model Desain Kamar Mandi Minimalis

  1. Kamar Mandi Minimalis Ukuran 1×2 dengan Bak Mandi Gaya

Kamar Mandi Minimalis Ukuran 1x2 dengan Bak Mandi Gaya

Meskipun memiliki ukuran yang tidak terlalu luas, kamar mandi berukuran 1×2 meter sesuai gambar diatas dapat Anda tempati dengan berbagai macam perlengkapan utama yang fungsional.

Fokus utama desain kamar mandi minimalis ini adalah bak mandi yang ukurannya kurang dari 1 meter. Mempunyai bathub yang memiliki ukuran mini dilengkapi kursi toilet yang menempel pada bagian dinding, desain ini akan sangat efektif dalam menghemat tempat.

  1. Nuansa Pink untuk Kamar Mandi Minimalis Feminin

Nuansa Pink untuk Kamar Mandi Minimalis Feminin

Dengan sentuhan gaya retro minimalis, desain kamar mandi ini memang sangat sederhana tetapi terlihat gaya feminin dan manis. Hanya dipisahkan menggunakan tirai kamar mandi, areal basah dan kering sudah tersekat dengan baik dalam kamar mandi berukuran 1×2 meter ini. Dilengkapi juga dengan kabinet kecil untuk penyimpanan berbagai macam peralatan mandi.

  1. Ukuran 2×1,5 m

Desain Kamar Mandi Ukuran 2x1,5 m

Desain kamar mandi minimalis ini terasa luas, mewah, dan sangat nyaman. Dengan finishing yang sangat bagus dapat menghipnotis Anda sehingga tujuan Anda untuk melakukan relaksasi bisa tercapai.

Terlihat lebih mewah dan berkelas karena dilengkapi dengan adanya led atau backlink pada beberapa sisi, seperti pada dinding dan plafon. Bagian lainnya yang eye-catching, yaitu penggunaan batu alam pada bagian bak mandi.

  1. Ukuran 2×2 m

Desain Kamar Mandi Ukuran 2x2 m

Ukuran yang sangat terbatas bukan menjadi alasan untuk menciptakan kamar mandi berukuran 2×2 yang sangat cantik ini.

Kombinasi antara warna putih dan hitam yang pas membuat desain kamar mandi ini sangat ciamik sekali. Sangat sesuai dengan model minimalis yang telah diusung. Untuk dapat menghemat ruang maka Anda bisa menggunakan pintu kaca atau bisa juga area gantungan pada beberapa sudut.

  1. Desain Kamar Mandi Minimalis Tanpa Bathtub

Desain Kamar Mandi Minimalis Tanpa Bathtub

Apabila Anda tidak suka untuk menggunakan bathtub, mungkin desain kamar mandi minimalis tanpa bathtub yang dilengkapi dengan shower ini bisa Anda jadikan sebagai pilihan yang tepat. Supaya memberikan kesan modern, pintu kaca dapat digunakan untuk menjadi kloset. Jadi untuk area yang sempit bisa dimanipulasi dengan adanya pintu kaca tersebut.

Baca Juga: Harga Pintu Kamar Mandi PVC, Aluminium Lengkap

  1. Desain Kamar Mandi Minimalis yang Mungil

Desain Kamar Mandi Minimalis yang Mungil

Apabila Anda mempunyai ruang yang terbatas untuk kamar mandi, Anda bisa memilih desain minimalis yang satu ini. Desain ini dibuat dengan memanfaatkan ruang kamar mandi semaksimal mungkin. Bahkan di area yang sangat terbatas Anda masih bisa menaruh bak mandi di dalamnya.

Dengan menggunakan keramik yang dapat memantulkan bayangan maka kamar mandi akan terlihat luas. Selain bak mandi, toilet duduk juga bisa Anda tempatan pada bagian sisi sebelah. Namun toilet duduk tersebut harus memiliki ukuran yang kecil mengingat keterbatasan ruang kamar mandi.

  1. Desain Kamar Mandi Monokrom

Desain Kamar Mandi Monokrom

Penggunaan batu alam yang memiliki motif hitam putih pada bagian dinding dan juga lantai akan membuat desain kamar mandi minimalis ini terlihat cukup berwarna. Sebaiknya warna batu yang akan digunakan juga selaras dengan warna cat bagian dinding seperti warna pada gambar diatas, yaitu warna abu-abu.

Leave a Comment