Harga Wiremesh Galvanis Berbagai Ukuran

Wiremesh Galvanis – Pada pembangunan sebuah rumah, besi wiremesh mungkin tak akan terlihat secara langsung, tetapi bahan bangunan yang satu ini selalu digunakan dalam berbagai konstruksi bangunan.

Bahkan bahan bangunan ini mempunyai fungsi khusus yang dimana mampu memperkuat konstruksi beton dan biasanya akan dipasang sebelum adukan bahan beton diaplikasikan.

Jika wiremesh sudah terpasang maka barulah adukan bahan beton akan dituang di bagian atasnya.

besi wiremesh

Besi wiremesh yang tersedia dipasaran biasanya dijual dalam bentuk lembaran atau roll. Dijual dengan berbagai macam ukuran dan harganya sangat terjangkau. Nah, berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai harga wiremesh berbagai ukuran lengkap beserta pembahasannya.

Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Harga Plat Besi Berbagai Ukuran

Pengertian Wiremesh

Pengertian besi wiremesh

Wiremesh adalah besi yang memiliki bentuk seperti kawat kemudian dianyam menjadi lembaran. Di Indonesia, besi wiremesh biasa disebut dengan nama kawat atau besi anyam. Hal ini karena memang besi wiremes memiliki bentuk kotak-kotak seperti kawat atau besi yang telah dianam. Besi wiremesh ini terdiri dari 2 macam jenis, yaitu:

  • Wiremesh berupa lembaran. Ukuran standar wiremesh lembaran adalah 2,1 x 5,4 meter.
  • Wiremesh berupa gulungan atau roll. Ukuran standar wiremesh gulungan memiliki panjang 2,1 meter dengan panjang 54 meter.

Ukuran diameter yang dimiliki oleh besi wiremesh paling kecil adalah 4 sedangkan yang terbesar adalah 10. Pada umumnya, penyebutan diameter besi wiremesh ini adalah M4, M5, dan seterusnya.

Perlu diketahui bahwa pemilihan diameter besi wiremesh tergantung dari proyek yang sedang dikerjakan. Besi wiremesh untuk proyek bangunan sederhana maka bisa digunakan kawat yang memiliki diameter kecil. Sedangkan wiremesh  untuk proyek besar maka kawatnya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Besi wiremesh

Besi yang digunakan sebagai kawat anyaman pada wiremesh yang memiliki ukuran diameter cukup besar dipastikan sangat kokoh dan kuat. Namun hal ini tentunya dapat mempengaruhi harganya. Wiremesh dengan ukuran diameter besar biasanya digunakan dalam berbagai pekerjaan konstruksi, seperti:

  • Pengerjaan jembatan
  • Pengerjaan trotoar
  • Pengerjaan jalan raya
  • Pengerjaan jalan laying di area perkotaan

Jenis dan Ukuran Besi Wiremesh

Jenis dan Ukuran Besi Wiremes

Besi wiremesh memang terdiri dari dua macam jenis, yaitu bentuk lembaran dan roll. Setiap jenis besi wiremesh ini tentunya mempunyai kelebihan tersendiri dan digunakan untuk konstruksi yang berbeda. Maka dari itu, dalam perencanaan suatu konstruksi diharuskan untuk selalu teliti dalam menentukan jenis wiremesh yang ingin digunakan. Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai perbedaan dan kesamaan dari kedua jenis besi wiremesh tersebut:

  • Kekuatan
    Kekuatan besi wiremesh tergantung dari mutu besi yang digunakan. Baik lembaran ataupun roll, besi wiremesh memiliki kekuatan yang sama dengan syarat menggunakan besi baja yang kuat dengan mutu terbaik untuk rangkaian wiremesh ini.
  • Pemasangan
    Pemasangan besi wiremesh berupa lembaran akan membutuhkan waktu pemasangan yang jauh lebih lama daripada roll.  Hal ini dikarenakan bentuk lembaran membutuhkan perakitan yang jauh lebih rumit.
  • Penggunaan
    Wiremesh dengan bentuk lembaran biasanya digunakan untuk kolom, balok, dan pondasi. Sedangkan wiremesh gulungan atau roll biasanya digunakan untuk bagian struktur bangunan yang sedikit melebar seperti misalnya plat lantai.
  • Harga wiremesh
    Harga wiremesh lembaran jauh lebih mahal dan dihitung menggunakan sistem kilogram atau batangan.
  • Pengangkutan
    Besi wiremesh lemaran membutuhkan pengangkutan yang jauh lebih rumit dengan kendaraan panjang. Sementara besi wiremesh roll lebih mudah untuk diangkut karena dikemas dalam bentuk yang jauh lebih praktis, yakni gulungan atau roll.

Kegunaan Besi Wiremesh

Penggunaan Besi Wiremesh

Diatas sudah kami jelaskan mengenai beberapa kegunaan bahan bangunan ini. Namun sebenarnya besi wiremesh memiliki banyak sekali kegunaan. Besi wiremesh banyak digunakan sebagai bahan penguat atau tulangan dalam pengencoran, seperti misalnya untuk pengecoran lantai dan jalan.

Wiremesh dengan ukuran M8, M9, dan M10 biasanya digunakan pada bagunan bertingkat seperti gedung-gedung atau bangunan besar lainnya. Sementara itu, untuk bangunan rumah bisa menggunakan wiremesh dengan ukuran M4, M5, dan M6. Selain digunakan sebagai penguat beton, wiremesh juga bisa digunakan untuk kawat bronjong, anak tangga, dan penguat talud.

Besi wiremesh berkualitas merupakan wiremesh yang pross pembuatannya dibuat dengan menggunakan sistem las otomatis. Jadi, jarak antar kawat dipastikan akan selalu sama dan seragam. Demikian juga dengan penampang lintang yang juga selalu konsisten. Sehingga kawat yang ada pada besi wiremesh tidak bisa berkurang dan bahkan semua susunannya akan tetap berada di posisinya masing-masing.

Baca Juga: Harga Pipa Besi Galvanis

Kelebihan Menggunakan Wiremesh Galvanis

Kelebihan Menggunakan Wiremesh Galvanis

Besi wiremesh galvanis ini memiliki banyak sekali kelebihan jika dibandingkan dengan besi beton biasa. Adapun kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan besi wiremesh galvanis adalah sebagai berikut:

  • Proses dalam pengerjaan pembesian tulangan beton bisa dilakukan dengan lebih cepat dan mudah karena tidak perlu untuk merangkainya lagi, cukup digelar saja.
  • Dapat meningkatkan mutu serta ketepatan jarak tulangan beton.
  • Dapat memudahkan untuk melakukan pengawasan proses pekerjaan pembesian di lapangan.
  • Jauh lebih mudah untuk masalah pengiriman bahan materialnya, karena besi wiremesh memiliki ukuran 2,1 x 5,4 yang tidak sepanjang besi beton yang memiliki panjang 12 m.

Harga Wiremesh Ukuran m6, m8, m10, Dll

Harga Wiremesh SNI Merek BRC Beton Besi U50

Harga Wiremesh SNI Merek BRC Beton Besi U50

Spesifikasi Wiremesh Satuan Harga (Rp)
M 4 lembar 149.000
M 5 lembar 222.000
M 6 lembar 312.000
M 7 lembar 425.000
M 8 lembar 555.000
M 9 lembar 720.000
M 10 lembar 888.000
M 12 lembar 1.293.000

Harga Wiremesh Non SNI Merek BRC Beton Besi U50

Spesifikasi Wiremesh Satuan Harga (Rp)
M 5 ( 4.5 MM) lembar 176.000
M 6 ( 5.2 MM) lembar 244.000
M 6 ( 5.5 MM) lembar 262.000
M 6 ( 5.6 MM) lembar 282.000
M 7 ( 6.5 MM) lembar 366.000
M 8 ( 7.2 MM) lembar 462.000
M 8 ( 7.5 MM) lembar 487.000
M 8 ( 7.6 MM) lembar 514.000
M 10 ( 9.5 MM) lembar 801.000
M 12 ( 11.5 MM) lembar 1.247.000

Daftar Harga Wiremesh Terbaru (Roll)

Harga Besi Wiremesh

Harga Wiremesh SNI Merek BRC

Spesifikasi Wiremesh Satuan Harga (Rp)
M 4 rol 1.490.000
M 5 rol 2.220.000
M 6 rol 3.120.000
M 7 rol 4.240.000

Harga Wiremesh Non SNI Merek BRC

Spesifikasi Wiremesh Satuan Harga (Rp)
M 5 ( 4.5 MM) rol 1.760.000
M 6 ( 5.2 MM) rol 2.430.000
M 6 ( 5.5 MM) rol 2.620.000
M 6 ( 5.6 MM) rol 2.820.000
M 7 ( 6.5 MM) rol 3.660.000

 

Tips Memilih Besi Wiremesh

Untuk mendapatkan besi wiremesh dengan kualitas terbaik, tentunya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut ini kami akan memberikan tips memilih besi wiremesh yang mungkin dapat membantu Anda untuk menemukan pilihan terbaik.

tips memilih besi wiremesh

Baca juga: Cara Pemasangan Bondek

  1. Pilih Ukuran yang Tepat

Dengan ukurannya sangat bervariasi seperti M4, M5, M6, sampai M12 ternyata ukuran trsebut mempunyai kekuatan yang berbeda. Seperti misalnya ukuran M4 dan M5, dilihat  sekilas memang keduanya tak berbeda jauh.

Tetapi dari kekuatannya sudah jelas berbeda. Perbedaan yang dimiliki oleh kedua ukuran tersebut akan semakin terasa apabila besi wiremesh tersebut digunakan untuk pembuatan bentang kolom yang memiliki ukuran sangat lebar.

Maka dari itu, jangan abaikan masalah ukuran. Jika Anda memang membutuhkan besi wiremesh dengan ukuran yang tertentu maka jangan sampai menurunkan standarnya. Jika Anda ingin menurunkan standar ukurannya, usahakan untuk konsultasi dengan ahlinya.

  1. Pilih Besi Wiremesh yang Proses Pembuatannya Menggunakan Sistem Las Otomatis

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa besi wiremest yang proses pembuatannya dibuat menggunakan sistem las otomatis maka akan mempunyai jarak antar kawat yang sama.

Demikian juga dengan penampang lintangnya. Besi wiremes yang proses pembuatannya menggunakan sistem las otomatis memang memiliki kualitas yang sangat bagus.

  1. Hindari Besi Wiremesh yang Menggunakan Sistem Las Manual

Jika ada besi wiremesh yang dibuat dengan menggunakan sistem las otomatis, pastinya ada pula yang dibuat dengan menggunakan sistem las manual. Besi wiremesh ini dapat dilihat dari jarak antar kawatnya yang sudah pasti tidak sama dan sangat tidak rapi.

Sebaiknya Anda menghindari besi ini karena biasanya beban kawatnya pun akan ikut berkurang.

Leave a Comment