Jenis Dan Prinsip Kerja Tower Crane

Posted on

Jenis Dan Prinsip Kerja Tower Crane – Tower crane atau yang biasa disebut dengan CT merupakan salah satu jenis alat berat yang biasa digunakan dalam pengerjaan proyek bangunan bertingkat. Fungsi utamanya adalah untuk memindahkan material atau material handling equipment.



Alat berat yang satu ini banyak dipilih untuk digunakan sebagai alat konstruksi karena jangkauannya yang sangat luas dan ketinggiannya dapat disesuaikan dengan tinggi bangunan Inilah yang menjadi alasan mengapa tower crane mutlak dibutuhkan dalam pelaksanaan proyek besar.

Baca juga: Penjelasan Bored Pile vs Tiang Pancang

Pengertian Tower Crane

Tower crane adalah sebuah alat berat yang digunakan untuk mengangkat dan memindahkan material atau muatan baik itu ke arah vertikal maupun secara horizontal. Mekanisme kerjanya adalah menggunakan tali untuk menurunkan muatan menuju tempat yang sudah ditentukan.

Bagian puncak tiang dari alat berat ini terdiri dari rotation boom and wich yang memiliki fungsi untuk dapat menarik muatan ke atas atau ke bawah. Menariknya lagi, winch tersebut bisa mengalami pergerakan maju mundur sepanjang boom. Winch bisa berputar hingga 360 derajat dari boom tower crane.



Baca juga: Jenis Jenis Alat Berat Dan Fungsinya

Bagian Tower Crane

Dalam pengoperasiannya, TC terbagi dalam 7 bagian penting. Adapun bagian-bagian TC yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Bases Station

Tower crane adalah crane jenis tanam yang membutuhkan pondasi ketika dioperasikan. Pondasi akan dicor menggunakan semen dengan kedalaman lubang yang sudah ditentukan sebelumnya.

Base station ini sendiri merupakan bagian dasar yang memiliki 4 kaki penopan yang ditanamkan dan dicor. Pondasi yang kuat sangat dibutuhkan karena nantinya dapat mempengaruhi tingkat kekokohan TC itu sendiri.

  1. Mast Section

Jika pondasi sudah ditanam, maka selanjutnya adalah bagian tiang TC. Mast section merupakan rangkaian dari beberapa bagian yang menjadi tiang TC.



  1. Slewing

Beberapa bagian atas pada TC memang bisa berputar hingga 360 derajat pada porosnya. Hal tersebut karena adanya bagian slewing mechanisme tepat di atas mast section. Kendali slewing ada pada handle di kabin kontrol.

  1. Counter JIB

Supaya bagian jib atau jib seimbang, maka ada sebuah counter jib berisi imbangan berat (counter weight) yang diisi beban. Bagian ini juga yang akan membuat TC dan tie menjadi bergerak dengan simbang. Massa counter jib yang terpasang sudah melewati proses perhitungan dan perencanaan.

  1. Jib

Jib merupakan bagian yang terdiri dari motor trolley, hoist dan crane. Jib crane adalah bagian yang jadikan sebagai tempat untuk meletakkan motor trolley dan hoist. Ini adalah suatu rel yang berhubungan dengan hoist crane sebagai alat untuk mengangkat beban. Bagian ini terbagi dalam dua jenis yaitu:

  • Saddle Jib, merupakan salah satu jenis jib yang menggunakan instalasi sudut 90 derajat pada tiang.
  • Luffing Jib, merupakan jenis jib yang dirangkai dengan sudut >90 derajat ketika proses instalasi.
  1. Tower Top

Bagian ini terdiri dari kabin kontrol dan kepala cad. Ini merupakan tempat dimana operator crane akan mengendalikan serta mengoperasikan TC. Supaya bisa mencapai bagaian ini maka pekerja diharuskan untuk memanjat tangga agar sampai ke kabin kontrol.

Leave a Reply

Your email address will not be published.