Warna Cat Rumah Minimalis Yang Bagus

Warna Cat Rumah Minimalis – Warna cat merupakan sebuah elemen paling penting untuk menarik perhatian orang, terutama di bagian eksterior. Apabila Anda ingin membuat rumah dengan konsep minimalis yang memiliki ukuran kecil tetapi tetap terlihat menarik maka untuk pemilihan cat warna harus diperhatikan sebaik mungkin.

Dalam pemilihan warna ini Anda harus memperhatikan cat rumah minimalis bagian interior dan juga interior. Dengan pemilihan cat rumah yang pas dan seimbang, rumah minimalis Anda dipastikan akan terlihat semakin cantik. Sebenarnya ada banyak pilihan warna yang bisa Anda pilih, namun belum tentu memberikan hasil akhir yang pas dan sesuai dengan keinginan.

Nah, supaya Anda tidak bingung dalam memilih cat warna yang sesuai kami disini akan memberikan inspirasi warna cat rumah minimalis beserta tips dalam memilih perpaduan warna.

Pilihan Warna Cat Rumah Minimalis

Bagaimana Memilih Perpaduan Warna Cat Rumah Minimalis?

Dalam memilih warna cat yang digunakan untuk dinding, Anda harus paham mengenai karakteristik dari warna terang dan gelap. Warna-warna yang gelap sudah pasti akan membuat ruangan Anda terkesan sangat sempit. Sedangkan untuk warna-warna cat yang terang tentunya akan membuat ruangan Anda terasa lebih luas.

Seperti yang kita tahu, rumah minimalis memiliki tujuan untuk dapatkan memaksimalkan sebuah bangunan minimalis dengan ukuran tidak terlalu luas sehingga warna yang seharusnya dipilih adalah warna terang untuk memberikan kesan ruangan yang lebih lega.

Untuk memberikan warna yang cantik, Ada bisa memadukan beberapa pilihan warna. Dalam hal ini ada beberapa teori perpaduan warna yang bisa membantu Anda untuk dapat menentukan palet warna rumah, yaitu:

  • Monochromatic

Kombinasi warna monochromatic hanya menggunakan satu warna cat dasar, tetapi kemudian dicari turunanya untuk diterapkan di beberapa bagian rumah. Seperti misalnya jika Anda memilih warna navy blue dikombinasikan dengan warna sky blue, pale turquoise, dan light blue.

  • Analogus

Kombinasi warna secara analogus maksudnya adalah warna-warna yang akan dipilih dalam palet diambil dari 2 atau 3 range warna yang letaknya bersebelahan pada color wheel, yaitu oranye, warna merah, kuning, atau hijau, warna kuning, dan biru.

  • Complementary

Kombinasi warna complementary diambil dari 2 macam warna yang letaknya bersebelahan antara satu sama lain di dalam color wheel, seperti warna hijau, merah, biru, dan oranye.

Baca Juga: Desain Dan Denah Rumah Minimalis Modern

Contoh Inspirasi Warna Cat Rumah Minimalis

Bagian Dalam Interior

  1. Warna Rumah Kuning Manis dan Kreatif

Warna Rumah Kuning Manis dan Kreatif

Desain yang satu ini cukup manis untuk ruang tamu minimalis di rumah Anda. Perpaduan warna putih dan kuning di dinding rumah akan kelihatan lebih cerah. Apalagi jika dipadukan dengan dekorasi yang apik dari kursi dan mejanya yang akan semakin mempercantik nuansa ruangan.

  1. Rumah Warna-Warni yang Ceria

Rumah Warna-Warni yang Ceria

Dengan adanya warna-warni ini maka nuansa ruang keluarga akan terasa ceria. Bagian dindingnya berwarna hijau dikombinasikan dengan warna putih. Lalu ada tanaman hias yang berwarna hijau, ditambah dengan karpet warna-warni sehingga ruangan terasa lebih hidup.

  1. Warna Rumah Hijau Segar dengan Lantai Kayu

Warna Rumah Hijau Segar dengan Lantai Kayu

Pilihan warna cat rumah minimalis juga bagus untuk rumah Anda. Warna hijau dikombinasikan dengan warna putih sehingga terlihat sangat pas dengan lantainya yang memiliki motif cokelat kayu.

  1. Kombinasi Warna Manis untuk Rumah Minimalis Klasik

Kombinasi Warna Manis untuk Rumah Minimalis Klasik

Rumah minimalis yang satu ini mengusung konsep minimalis. Dengan mengusung gaya rumah minimalis yang klasik maka akan semakin manis karna pilihan warna dindingnya yang sudah sangat serasi dan pas, memadukan antara warna putih dan orange.

  1. Warna Rumah Full Ungu

Warna Rumah Full Ungu

Jika Anda menyukai warna ungu, maka rumah minimalis Anda bisa dicat dengan warna ungu. Bagian dindingkan full warna ungu, dipadukan dengan lantai yang memiliki warna black-white sehingga akan semakin mempercantik ruangan.

  1. Warna Rumah Dark Elegan

Warna Rumah Dark Elegan

Warna rumah minimalis yang satu ini bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat jika Anda menginginkan warna simple tapi elegan. Warna gelap yang dikombinasikan dengan warna putih yang cukup kontras maka bisa membuat rumah Anda tampil elegan.

Bagian Luar Eksterior

Berikut ini adalah beberapa pilihan warna cat eksterior yang dapat Anda aplikasikan untuk mempercantik bagian luar rumah Anda.

  1. Kombinasi Warna Cat Merah dan Hitam yang Elegan

Kombinasi Warna Cat Merah dan Hitam yang Elegan

Memilih warna cat rumah menyala yang dikombinasikan dengan warna hitam merupakan salah satu pilihan yang paling tepat untuk warna eksterior rumah Anda. Kombinasi dua macam warna ini akan memberikan nuansa keindahan yang sangat elegan.

  1. Warna Dominan Maroon Minimalis

Warna Dominan Maroon Minimalis

Warna yang dominan maroon terlihat sangat menawan. Sedangkan untuk warna putih bersih pada struktur garis-garisnya akan memberikan kesan yang tegas. Pada bagian jendela dan pintu juga diberikan warna yang selaras agar terlihat lebih serasi.

  1. Kombinasi Warna Gelap dan Netral dengan Kontras Elegan

Kombinasi Warna Gelap dan Netral dengan Kontras Elegan

Rumah minimalis ini mengkombinasikan antara warna merah gelap dengan warna putih. Penggunaan warna netral memang sangat identik dengan rumah minimalis. Sentuhan warna netral putih akan memberikan kontral warna yang sangat elegan.

  1. Kombinasi Soft Green dan Grey yang Kalem

Kombinasi Soft Green dan Grey yang Kalem

Cat warna hijau yang soft pada bagian eksterior akan memberikan kesan yang segar, dengan beberapa furniture yang memiliki warna kuning serta beberapa tumbuhan yang akan semakin memberikan kesan asri. Dengan mengkombinasikan warna abu pada dinding yang agak dalam, akan membuat rumah terlihat kalem.

  1. Warna Abu yang Juara

Warna Abu yang Juara

Warna netral seakan-akan memang menjadi juara pada desain rumah minimalis. Perpaduan antara warna abu muda dan abu tua akan membuat warna bagian depan rumah terlihat lebih elegan.

  1. Warna Putih dengan Sentuhan Warna Hitam

Warna Putih dengan Sentuhan Warna Hitam

Warna putih tak pernah lekang oleh waktu, warna netral ini memang banyak digunakan pada bagian eksterior. Dominasi warna putih akan terlihat semakin bagus dengan sentuhan warna hitam pada bagian kusen jendela serta warna cokelat di atap balkon.

Baca Juga : Desain Interior Rumah Minimalis Sederhana

Tips Dalam Memilih Warna Cat Rumah Minimalis

Pemilihan warna rumah memang sangat penting karena jika Anda salah dalam memilih maka suasan tidak akan menyenangkan dan para penghuni pun tidak betah untuk berlama-lama di dalam rumah. Untuk pemilihan warna yang sesuai, maka simak tips berikut ini:

Tips Dalam Memilih Warna Cat Rumah Minimalis

  1. Kenali Warna Terbaik untuk Ruangan

Tips memilih warna cat rumah yang pertama adalah dengan mengenali warna terbaik untuk setiap ruangan. Seperti yang kita tahu bahwa di dalam rumah memiliki banyak ruangan seperti ruang tamu, dapur, kamar tidur, ruang keluarga dan lainnya. Jenis-jenis ruangan tersebut tentu menggunakan konsep yang berbeda sehingga akan membutuhkan warna yang juga berbada.

  1. Pilih Warna yang Memberikan Efek Luas

Diatas sudah kami jelaskan bahwa rumah minimalis sangat identik dengan ruangan kecil. Maka dari itu, dalam pemilihan warna usahakan untuk memilih warna-warna yang bisa memberikan efek luas dan lapang ketika sudah diaplikasikan.

  1. Uji Warna Cat

Apabila Anda masih belum merasa yakin dengan warna cat rumah yang ingin dipilih maka Anda bisa uji coba terlebih dahulu warna cat tersebut di sebuah tembok yang tidak begitu luas seperti misalnya di kamar mandi. Pilih area yang mudah untuk dilihat supaya Anda bisa dengan mudah melihat seperti apakah hasilnya. Jika hasilnya sesuai keinginan maka bisa langsung Anda aplikasikan ke dinding rumah.

Sumber:

Leave a Comment