Cara Pemasangan Bondek Yang Benar Dan Presisi

Posted on

Cara Pemasangan Bondek – Istilah bondek mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Padahal jenis material ini seringkali dijumpai pada pembangunan terutama pada ata bangunan.



Bondek pada umumnya dipasang tepat di bagian bawah pelat lantai beton sebelum melakukan pemasangan plafon. Maka tak heran jika banyak sekali orang yang menyebut bondek dengan istilah floordeck.

cara memasang bondek

Namun ada juga bangunan yang membiarkan bagian bondek begitu saja agar terlihat natural ataupun dilakukan pengecatan supaya terlihat lebih estetik. Nah, kali ini kami akan menjelaskan mengenai material secara lengkap. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Mengenal Bondek

bondek

Apabila dilihat sekilas bondek memiliki tampilan yang sangat mirip seperti “seng gelombang” yang terbuat dari bahan dasar galvalum. Dalam hal ini pemasangan material bondek dapat dijadikan sebagai pengganti papan kayu atau papan triplek untuk memberikan kesan pada bangunan agar lebih indah.



Bondek memiliki struktur yang sangat kuat dan kokoh. Dengan menggunakan bondek maka pekerjaan pengecoran dijamin akan lebih cepat selesai dan lebih menghemat biaya. Berbeda halnya dengan penggunaan papan kayu atau triplek sebagai alas pengecoran, lembaran bondek yang digunakan tidak akan dilepaskan tetapi dibiarkan begitu saja di dasar cor.

Hal tersebut sudah pasti akan memberikan hasil akhir yang berbeda dengan kekuatan yang berbeda pula. Sehingga tak mengherankan jika penggunaan material bondek sekarang ini lebih disukai. Namun meskipun kelihatannya sederhana dan mudah sekali untuk dikerjakan, proses pemasangan material bondek harus dilakukan secara tepat dan sesuai dengan petunjuknya.

Spesifikasi Ukuran Plat Bondek

spesifikasi bondek

Karena dipasang tepat di bagian bawah pelat lantai beton untuk menjadi pelapis dasar setelah penyangga scaffolding, maka bondek sudah dibuat sedemikian rupa dengan berbagai macam bentuk dan ukuran yang tertentu.



Anda tentunya bisa menemukan dengan mudah berbagai macam ukuran ketebalan pelat bondek, mulai dari ukuran 0,65 mm, 0,75 mm, dan 1 mm. Sedangkan untuk masalah ukuran lebarnya, bondek tersedia dalam ukuran lebar 1 meter dan juga 12 meter. Anda pun dapat menyesuaikan sendiri ukuran pelat bondek ini dengan kebutuhan atap bangunan.

Keuntungan Menggunakan Pelat Bondek

spesifikasi bondek

Setidaknya ada 3 keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan pelat bondek, yaitu:

  • Penggunaan material bondek pada proyek dalam skala besar dengan ukuran lantai yang sangat luas dan tipikal sudah pasti jauh lebih menguntungan. Hal ini dikarenakan lebih menghemat waktu, biaya, dan juga tenaga daripada menggunakan pelat lantai konvensional.
  • Material bondek adalah bekisting tetap sekaligus memiliki fungsi sebagai tulang bawah atau tulangan lapangan. Sedangkan untuk tulangan tumpuan dan tulangan susut sangat disarankan menggunakan wiremesh agar lebih praktis.
  • Penggunaan material bondek bisa membuat kondisi di proyek menjadi semakin bersih. Sebab tidak akan ada material yang dibuang secara percuma setelah proses pengecoran sudah selesai dilakukan.

Baca Juga: Harga Bondek Cor Dan Plat Per Meter

Cara Memasang Bondek yang Baik dan Benar

spesifikasi bondek

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa bondek akan lebih efektif jika dipasang arah secara tepat pada arah pendek bentang balok. Maka tak heran jika bondek biasa disebut dengan pelat satu arah. Pelat bondek bisa bekerja lebih maksimal dan efektif jika pemasangannya menggunakan teknik seperti ini.

Berikut ini adalah cara pemasangan bondek, baik itu pada struktur beton ataupun struktur baja sebenarnya hampir sama. Adapun langkah-langkah pengerjaan pemasangannya adalah sebagai berikut ini:



pemasangan bondek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *