Cara Pemasangan Bondek Yang Benar Dan Presisi

Cara Pemasangan Bondek – Istilah bondek mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Padahal jenis material ini seringkali dijumpai pada pembangunan terutama pada ata bangunan.

Bondek pada umumnya dipasang tepat di bagian bawah pelat lantai beton sebelum melakukan pemasangan plafon. Maka tak heran jika banyak sekali orang yang menyebut bondek dengan istilah floordeck.

cara memasang bondek

Namun ada juga bangunan yang membiarkan bagian bondek begitu saja agar terlihat natural ataupun dilakukan pengecatan supaya terlihat lebih estetik. Nah, kali ini kami akan menjelaskan mengenai material secara lengkap. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Mengenal Bondek

bondek

Apabila dilihat sekilas bondek memiliki tampilan yang sangat mirip seperti “seng gelombang” yang terbuat dari bahan dasar galvalum. Dalam hal ini pemasangan material bondek dapat dijadikan sebagai pengganti papan kayu atau papan triplek untuk memberikan kesan pada bangunan agar lebih indah.

Bondek memiliki struktur yang sangat kuat dan kokoh. Dengan menggunakan bondek maka pekerjaan pengecoran dijamin akan lebih cepat selesai dan lebih menghemat biaya. Berbeda halnya dengan penggunaan papan kayu atau triplek sebagai alas pengecoran, lembaran bondek yang digunakan tidak akan dilepaskan tetapi dibiarkan begitu saja di dasar cor.

Hal tersebut sudah pasti akan memberikan hasil akhir yang berbeda dengan kekuatan yang berbeda pula. Sehingga tak mengherankan jika penggunaan material bondek sekarang ini lebih disukai. Namun meskipun kelihatannya sederhana dan mudah sekali untuk dikerjakan, proses pemasangan material bondek harus dilakukan secara tepat dan sesuai dengan petunjuknya.

Spesifikasi Ukuran Plat Bondek

spesifikasi bondek

Karena dipasang tepat di bagian bawah pelat lantai beton untuk menjadi pelapis dasar setelah penyangga scaffolding, maka bondek sudah dibuat sedemikian rupa dengan berbagai macam bentuk dan ukuran yang tertentu.

Anda tentunya bisa menemukan dengan mudah berbagai macam ukuran ketebalan pelat bondek, mulai dari ukuran 0,65 mm, 0,75 mm, dan 1 mm. Sedangkan untuk masalah ukuran lebarnya, bondek tersedia dalam ukuran lebar 1 meter dan juga 12 meter. Anda pun dapat menyesuaikan sendiri ukuran pelat bondek ini dengan kebutuhan atap bangunan.

Keuntungan Menggunakan Pelat Bondek

spesifikasi bondek

Setidaknya ada 3 keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan pelat bondek, yaitu:

  • Penggunaan material bondek pada proyek dalam skala besar dengan ukuran lantai yang sangat luas dan tipikal sudah pasti jauh lebih menguntungan. Hal ini dikarenakan lebih menghemat waktu, biaya, dan juga tenaga daripada menggunakan pelat lantai konvensional.
  • Material bondek adalah bekisting tetap sekaligus memiliki fungsi sebagai tulang bawah atau tulangan lapangan. Sedangkan untuk tulangan tumpuan dan tulangan susut sangat disarankan menggunakan wiremesh agar lebih praktis.
  • Penggunaan material bondek bisa membuat kondisi di proyek menjadi semakin bersih. Sebab tidak akan ada material yang dibuang secara percuma setelah proses pengecoran sudah selesai dilakukan.

Baca Juga: Harga Bondek Cor Dan Plat Per Meter

Cara Memasang Bondek yang Baik dan Benar

spesifikasi bondek

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa bondek akan lebih efektif jika dipasang arah secara tepat pada arah pendek bentang balok. Maka tak heran jika bondek biasa disebut dengan pelat satu arah. Pelat bondek bisa bekerja lebih maksimal dan efektif jika pemasangannya menggunakan teknik seperti ini.

Berikut ini adalah cara pemasangan bondek, baik itu pada struktur beton ataupun struktur baja sebenarnya hampir sama. Adapun langkah-langkah pengerjaan pemasangannya adalah sebagai berikut ini:

pemasangan bondek

  1. Pertama Anda harus memasang penyangga sementara terlebih dahulu jika memang dibutuhkan. Untuk masalah dibutuhkan atau tidaknya penyangga sementara ini tergantung pada standar dari bondek yang digunakan.
  2. Letakkan lembaran bondek di bagian atas penyangga sementara dan juga di atas balok yang berada di sebelahnya. Setidaknya material bondek bertumpu sejauh 2,5 cm di bagian tepi balok.
  3. Selanjutnya Anda dapat memasang end stop pada setiap bagian tepi bondek. End stop ini memiliki fungsi untuk dapat melindungi beton dari tumpahan.
  4. Buatlah hubungan antara material bondek yang sejajar agar menjadi lebih kaku. Untuk dapat meningkatkan kekuannya maka Anda bisa menggunakan alat penjepit khusus untuk bondek.
  5. Jika sudah maka gelarlah wiremes untuk menjadi tulangan atas pada tempatnya. Sekarang pelat bondek sudah siap untuk dicor. Kerjakan secara cermat dan teliti.

Cara Pemasangan Bondek Yang Presisi

Cara Pemasangan Bondek

Supaya memudahkan Anda dalam memahami panduan cara yang kami berikan ini, kami disini akan memberikan sebuah contoh kasus dalam memasang bondek dengan urutan langkah-langkah kerja secara lengkap.

Anggap saja bahwa penyangga sementara yang digunakan untuk memasang bondek ini sudah Anda pasang dengan baik. Jadi sekarang Anda bisa lebih fokus pada proses pemasangan bondek saja. Berikut ini adalah panduan cara dalam memasang bondek secara lengkap yang bisa Anda ikuti dengan sangat mudah.

  1. Pasang material bondek dengan cara menggelar dan pastikan bahwa arah strukturnya tepat ke bagian balok yang paling pendek. Lakukan pengerjaan ini dengan rapi.
  2. Jika misalnya beban yang bekerja tidak bisa merata ke seluruh bagian, Anda harus memasang penyangga tambahan tepat di titik-titik yang diperlukan untuk dapat mengurangi beban ketika pengecoran.
  3. Cek kembali untuk memastikan apakah tinggi balok dan juga bagian permukaannya sudah sama rata. Hal ini betujuan untuk dapat mencegah beban yang diterima oleh bondek tidak seimbang.
  4. Selanjutnya pasang material bondek pada bagian tepi balok penyangga dengan ukuran setidaknya 2,5 cm. Lakukan pemasangan ini sesuai dengan petunjuk dari produsennya langsung.
  5. Pasang stek atau bolt untuk menjadi penguat bondek supaya mengunci dan bisa membuat posisi material bondek ini tetap berada di tempatnya atau tidak mengalami pergeseran.
  6. Sekarang Anda sudah bisa memasang end stop supaya adukan cor beton yang ingin dituangkan pada bagian atas bondek tidak akan berceceran ataupun menjadi tumpah ke mana-mana.
  7. Lalu pasang wiremesh atau batangan besi dan tata secara rapi. Untuk jarak antara bondek dengan wiremesh bisa Anda berikan sekitar 1,5 cm.
  8. Periksa kembali hasil pengerjaan Anda. Jika semua bagian telah terpasang material bondek dengan baik sekarang Anda tinggal melakukan pengecoran.

Baca Juga: Harga Damdex Anti Bocor

Pedoman Umum Pemasangan Bondek

Pedoman Umum Pemasangan Bondek

Teknik apapun yang Anda gunakan dalam memasang bondek terutama pada struktur beton, ada beberapa pedoman penting yang harus Anda perhatikan. Jika pengecoran sudah selesai dilakukan maka sangat disarankan untuk menunggunya selama 14 hari sampai hasil cor benar-benar sudah kering.

Jika sudah kering maka barulah Anda bisa membuka  bekisting pinggiran. Tetapi dibutuhkan waktu kurang lebih 28 hari untuk dapat membuat tiang-tiang penyangga. Sebelum melakukan proses pengecoran, pastikan terlebih dahulu bahwa bondek bersih dari sampah ataupun material lainnya yang dapat merusak struktur coran. Selanjutnya jika beton masih dalam kondisi basah maka hindar pemutusan beban dan usahakan untuk menggunakan papan sebagai lalu lintas para pekerja.

Itulah penjelasan lengkap yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Pemasangan Bondek yang Benar. Semoga ulasan di situs ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua.

Leave a Comment