Harga ACP Seven Per Lembar Terbaru 2021


Harga ACP Seven Per Lembar – Bagi Anda yang sekarang ini sedang ingin membangun sebuah gedung atau rumah tentunya sudah tidak asing lagi dengan alumunium composite panel. Bahan material ini biasa digunakan sebagai panel baik itu untuk indoor ataupun outdoor.



Rumah ataupun gedung bertingkat sebagai usaha komersial, bahan material ACP menjadi material yang sangat dibutuhkan. Apalagi harga ACP tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan keunggulan yang dimilikinya.

ACP

Sebelum memutuskan untuk menggunakan ACP sebagai material bangunan ataupun rumah, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis-jenis ACP yang berkualitas, keunggulan, dan daftar harganya sehingga akan memudahkan Anda dalam memilih ACP terbaik.

Mengenal Apa Itu ACP?

ACP Seven

ACP atau alumunium composite panel adalah material khusus yang biasa digunakan sebagai pelapis dinding bangunan. Bahan pembuatan ACP adalah perpaduan dari plat alumununium dan bahan composit. Alumunium composite panel terdiri dari bahan non alumunium yang kemudian disatukan di antara dua lembar alumunium.



Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa material ACP bisa dipasang dalam ruangan maupun luar ruangan. Perbedaannya adalah pada tingkat ketebalan yang digunakan serta finishing coating-nya. Untuk  dalam ruangan, biasanya ACP menggunakan lapisan polyster yang jauh lebih tipis. Sedangkan untuk luar ruangan, ACP membutuhkan lapisan yang lebih kuat yaitu finishing coating PVDF.

Mengenal Jenis-Jenis ACP

Memang ada dua macam lapisan yang dapat melapisi ACP, yaitu Polyster dan PVDF. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan selengkapnya mengenai kedua lapisan tersebut:

Jenis-Jenis ACP

  • Polyster

ACP dengan polyster juga biasa disebut dengan PE. Produk ini biasanya digunakan untuk indoor rumah ataupun bangunan. Salah satunya adalah dapat digunakan untuk langit-langit bangunan.



Jenis ACP ini memang banyak digunakan dalam bangunan karena memiliki ketahanan cukup rendah terhadap cuaca, baik itu cuaca hujan ataupun matahari sehingga sangat tidak disarankan untuk penggunaan di luar bangunan.

  • PVDF

PVDF adalah singkatan dari Poly Vinyl De Flouride yang direkomendasikan untuk penggunaan di luar rumah ataupun bangunan. Jenis ini memiliki ketahanan sangat tinggi terhadap cuaca panas ataupun sinar UV sehingga akan sangat awet meskipun telah terpasang hingga bertahun-tahun lamanya.

Jika dilihat dari segi kualitas dan harga, jenis PVDF ini memiliki kualitas yang jauh lebih baik dengan harga yang lebih mahal pula. Namun semuanya tergantung dari kebutuhan, jika Anda ingin panel yang lebih awet maka bisa memilih PVDF. Namun jika Anda mempunyai budget terbatas maka kami sarankan untuk memilih PE dengan tampilan yang tak kalah indahnya dibandingkan dengan PVDF.

Baca Juga: Model Pintu Minimalis Kupu Tarung

Sifat Alumunium Composite (ACP)

Sifat Alumunium Composite (ACP)

Sifat yang dimiliki oleh alumunium composite panel adalah cukup kuat dan mampu tahan lama. Ketahanan ini akan memberikan keuntungan apabila dipasang pada luar bangunan, misalnya saja pada pelapis dinding bangunan, baik indoor ataupun outdoor.

Sifat lainnya adalah kuat dan ringan. Hal ini tentu akan memudahkan dalam pemasangan ACP. Untuk bangunan bertingkat seperti gedung sekalipun, ACP masih sangat memungkinkan  untuk dipasang. Maka tak heran jika ACP sudah banyak digunakan sekarang dan semakin populer. Bahkan ACP juga mempunyai pilihan warna yang sangat beragam dan menarik. Ada banyak sekali warna yang bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan selera dan kebutuhan.



Ukuran Standar ACP

Pada umumnya, ACP diproduksi dengan ketebalan standar mulai dari ukuran 1 sampai 10 mm dan untuk lebarnya 1.200 sampai 1.6000 mm. Sedangkan untuk lapisan alumunium yang terdapat pada kedua sisi sekitar 0,3 sampai 0,5 mm.

Bisa dibilang bahwa ukuran standar ACP adalah 1220 mm x 2440. Meskipun mempunyai bobot yang cukup ringan yaitu 3,5 sampai 5,6 kg per meter2, ACP sangat kuat dan kokoh untuk digunakan dalam konstruksi bangunan.

Pada saat melakukan proses pemasangan, material ACP ini biasanya dipadukan dengan bahan-bahan lainnya seperti kaca, curtainwall ataupun bahan logam yang lainnya. Hal ini betujuan untuk menambah nilai estetika eksterior bangunan. Sedangkan untuk interior ruangan, lembaran ACP banyak digunakan sebagai partisi, penutup plafon, dan penutup kolom.

Penggunaan ACP

Penggunaan ACP

ACP sangat fleksibel untuk digunakan di berbagai tempat dari rumah dan bangunan. ACP pada umumnya digunakan untuk:

  • Bagian interior ataupun eksterior suatu bangunan.
  • Renovasi rumah ataupun ruko sehingga memiliki tampilan yang lebih cantik.
  • Membuat gedung bertingkat terlihat lebih indah dan menawan.
  • Bagian luar ruko yang semakin memperkuat branding dengan berbagai macam pilihan warna.
  • Bagian luar dealer otomotif sehingga akan menciptakan kesan yang mewah dan berkelas.
  • Papan iklan yang tahan terhadap terpaan hujan dan sinar UV matahari.
  • Billboard yang sangat awet dan mampu tahan lama.

Kelebihan ACP

Kelebihan ACP

Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh material ACP untuk memperindah suatu bangunan, yaitu:

  • Bagian permukaan yang rata dan halus
  • Memiliki daya tahan yang sangat tinggi terhadap segala macam cuaca dan iklim
  • Bahan yang sangat bagus untuk dekorasi interior ataupun eksterior
  • Sangat mudah diaplikasikan dalam berbagai desain dengan konsep modern
  • Tersedia dalam beberapa pilihan warna dan pola
  • ACP mudah untuk dibentuk, dilipat, dibor dan juga dilengkungkan dengan menggunakan berbagai macam peralatan konvensional maupun peralatan yang sederhana lainnya
  • Bahan intinya dibuat dari polythene sehingga tahan terhadap api

Kekurangan ACP

Kekurangan ACP



Leave a Comment