Harga Rumput Sintetis Per Meter Persegi

Harga Rumput Sintetis Per Meter – Ketika ingin mendekorasi interior atau eksterior rumah, mungkin yang terlintas di benak Anda adalah menanam rumput hias. Dari sekian banyaknya jenis rumput hias yang tersedia di pasaran, ada satu jenis rumput yang banyak digemari dan populer di kalangan masyarakat, yaitu rumput sintetis.

Maka dari itu, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai jenis rumput sintetis secara lengkap yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai referensi sebelum membeli rumput hias ini untuk dekorasi interior ataupun eksterior rumah.

Rumput Sintetis Untuk Indoor dan Outdoor

Mengenal Rumput Sintetis

Rumput sintetis merupakan salah satu jenis rumput yang permukaannya dibuat dari bahan dasar serat sintetis sehingga terlihat seperti rumput alami. Jenis rumput yang satu ini banyak digunakan dalam bidang olaharaga yang biasanya menggunakan rumput alami dalam permainan.

Namun rumput sintetis juga banyak digunakan untuk mendekorasi rumah.

mengenal rumput sintetis

Rumput sintetis banyak dijadikan sebagai alternatif karena pemeliharaan atau perawatan rumput alami yang bisa dibilang sangat sulit. Hal ini dikarenakan perawatan rumput alami sangat dipengaruhi oleh media tanah dan juga cuaca.

Jenis rumput hias ini juga bisa disebut dengan rumput karpet karena memiliki bentuk seperti karpet sehingga bisa digunakan dalam interior rumah untuk menciptakan kesan alami dengan hamparan warna hijau yang menyegarkan.

Baca juga: Desain Taman Minimalis

Kelebihan Menggunakan Rumput Sintetis

Kenapa banyak sekali orang yang lebih tertarik untuk menggunakan rumput sintetis dibandingkan dengan rumput asli? Hal ini tak lain karena rumput sintetis menawarkan banyak sekali keuntungan dalam penggunaannya. Adapun kelebihan menggunakan rumput sintetis adalah sebagai berikut:

Kelebihan Menggunakan Rumput Sintetis

  1. Lebih Hemat Biaya

Jika Anda menggunakan rumput sintetis, maka Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk perawatan ekstra. Berbeda halnya dengan penggunaan rumput alami, rumput sintetis tidak akan bisa tumbuh tinggi sehingga tidak perlu dilakukan pemangkasan secara berkala. Anda pun tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli pupuk, pestisida, dan lain sebagainya.

  1. Perawatan Mudah

Perawatan rumput sintetis memang terkenal sangat mudah dilakukan. Anda tidak butuh tenaga tukang kebun untuk melakukan penyiraman ataupun pemberian pupuk. Maka dari itu, penggunaan rumput sintetis akan sangat cocok sekali untuk pemilik rumah yang berada di wilayah perkotaan. Terlebih dengan tingkat kesibukan yang cukup tinggi dan tidak sempat untuk merawat rumput.

Menariknya lagi, meskipun perawatannya cukup mudah tetapi penampilan dari rumput sintetis tidak akan bisa pudar. Halaman rumah yang diaplikasikan rumput sintetis akan selalu terlihat hijau dan indah di pandang mata.

  1. Penempatan yang Fleksibel

Rumput sintetis memiliki kemudahan dalam penggunaan. Penggunaan rumput hias ini sangat fleksibel karena bisa digunakan dalam ruangan atau bisa juga di luar rungan. Hal ini tentunya berbeda jauh dengan penggunaan rumput asli yang hanya bisa hidup jika mendapatkan paparan cahaya matahari.

  1. Tahan Lama dan Tidak Mudah Rusak

Keuntungan penggunaan rumput sintetis selanjutnya adalah memiliki ketahanan yang cukup tinggi. Pada umumnya, penggunaan rumput sintetis jauh lebih awet dan tidak mengalami kerusakan jika dibandingkan dengan rumput asli. Apalagi jika penggunaanya di lapangan olahraga maka ketahannya tidak perlu diragukan lagi.

  1. Aman Terhadap Lingkungan

Perlu Anda ketahui bahwa rumput sintetis tidak dapat melakukan fotosintetis serta menghasilkan oksigen seperti rumput asli. Namun keberadaan rumput sintetis akan membuat lingkungan  yang dipasanginya selalu terjaga kebersihannya.

Hewan seperti cacing atau serangga yang bisa hidup di rumput asli tidak akan ditemukan pada lokasi yang sudah ditanami rumput. Hewan-hewan tersebut tidak bisa bertahan hidup di bawah permukaan rumput sintetis. Dampak baiknya adalah lokasi yang sudah dipasangi dengan rumput sintetis tidak akan menarik perhatian hewan yang lainnya seperti burung.

Tipe Rumput Sintetis

Selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai berbagai jenis rumput sintetis. Ada 3 jenis bahan dasar yang digunakan untuk membuat rumput sintetis. Setiap jenis sudah pasti memiliki karakteristik masing-masing, mulai dari tekstur, ketahanan, sampai dengan tampilan luarnya. Adapun tiga bahan yang digunakan dalam pembuatan rumput sintetis adalah sebagai berikut:

Tipe Rumput Sintetis

  1. Nilon

Rumput sintetis yang terbuat dari bahan dasar nilon memiliki ketahanan yang cukup kuat. Bagian permukaan rumput sintetis tidak akan mudah rusak meskipun diinjak hingga ratusan kali sekalipun. Pada waktu yang sama, bahan dasar nilon membuat rumput sintetis tidak akan mudah rusak meski dipasang dalam pasang dalam lingkungan dengan suhu tinggi.

  1. Polyethylene

Jenis rumput sintetis polyethylene mempunyai struktur yang tidak berbeda jauh dengan rumput asli. Maka tak heran jika rumput sintetis yang terbuat dari bahan dasar polyethylene seringkali dijadikan sebagai pilihan utama karena dapat menciptakan kesan yang alami.

Selain memiliki struktur yang lembut, rumput sintetis jenis ini warnanya memang terkesan alami. Rumput sintetis polyethylene banyak digunakan di lapangan sepak bola, baseball, ataupun atletik. Penggunaan rumput sintetis polyethylene biasanya di padupadankan dengan  rumput dasar dari bahan nilon sebagai pelengkap supaya lapangan olahraga mempunyai ketahanan yang cukup tinggi.

  1. Polypropylene

Jenis rumput sintetis yang terakhir terbuat dari bahan dasar polypropylene. Jika dibandingkan dengan kedua jenis rumput sintetis yang sebelumnya, bahan polypropylene mempunyai harga yang lebih terjangkau. Maka dari itu, rumput sintetis akan sangat tepat bagi pemilik rumah yang ingin membuat suasana rumah menjadi terasa menyegarkan dengan budget minim.

Namun dengan harganya yang terjangkau juga tak luput dari kekurangan. Kekurangan yang dimiliki oleh rumput sintetis dari bahan dasar polypropylene adalah pada tingkat ketahanannya. Rumput sintetis jenis ini lebih rusak jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya.

Tips Memilih Rumput Sintetis

Ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui dalam pemilihan rumput sintetis yang bagus dan mampu tahan lama untuk interior atau ekstrior rumah. Adapun tips dalam memilih rumput sintetis adalah sebagai berikut:

  • Perhatikan tekstur rumput sintetis yang ingin dibeli, tektur jangan sampai mudah dilepas. Lihat juga bagian belakangnya, rumput sintetis dengan kualitas bagus dilengkapi dengan rotan pada bagian belakang.
  • Sebaiknya Anda memilih rumput sintetis yang sudah dilengkapi dengan lapisan anti air.

Inspirasi Gambar Pemasangan Rumput Sintetis

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa pemasangan rumput sintetis untuk dekorasi interior ataupun eksterior tidak dibutuhkan tenaga profesional, sehingga Anda sendiri bisa melakukannya. Hal ini karena dalam proses pengaplikasian rumput sintetis tidak membutuhkan peralatan khusus. Hanya dibutuhkan sedikit ketelitian agar terlihat lebih rapi dan indah.

Penting untuk diingat bahwa pemasangan rumput sintetis untuk dekorasi rumah membutuhkan bidang yang datar dan padat. Contoh penggunaanya bisa Anda lihat dari gambar-gambar berikut ini.

Pemasangan Rumput Sintetis Indoor

Pemasangan Rumput Sintetis Outdoor

Pemasangan Rumput Sintetis Indoor

Pemasangan Rumput Sintetis Luar

Baca juga: Model Teras Rumah

Harga Rumput Sintetis Terbaru 2020

Berikut daftar harga terbaru rumput sintetis per Roll dan Per Meter:

Harga Rumput Sintetis Per Roll

Rumput Sintetis Swiss 3cm (50m) Rp. 195.000 / M
Rumput Sintetis Jepang 3cm (50m) Rp. 190.000 / M
Rumput Sintetis Hijau Terang 3cm (50cm) Rp. 185.000 / M

Harga Rumput Sintetis

Harga Per meter rumput buatan:

Sintetis Swiss 3cm Indoor Rp. 185.000 / meter
Sintetis Swiss 3cm Outdoor Rp. 190.000 / meter
Sintetis Jepang 3cm Indoor Rp.184.000 / meter
Sintetis Jepang 3cm Outdoor Rp.190.000 / meter
Sintetis Golf Rp.200.000 / meter
Lapangan Futsal Dtex9rb Rp.210.000 / meter
Sintetis Dekorasi 2cm Rp.150.000 / meter

Harga beberapa jenis dan juga ukuran rumput sintetis sekarang ini mengalami kenaikan, meskipun ada juga yang harganya selalu stabil seperti rumput sintetis 8 mm dan juga 13 mm. Sedangkan untuk jenis rumput sintetis pada umumnya harganya sudah naik dibandingkan tahun kemarin berada di kisaran harga ribuan atau puluhan ribu rupiah.

Daftar harga di website ini didapatkan dari situs jual beli online sehingga sudah pasti harganya akan berbeda-beda. Hal ini karena tergantung dari dimana tempat Anda membeli rumput sintetis tersebut.

Leave a Comment