Mengatasi Saluran Air Yang Mampet


Memperbaiki Saluran Air Yang Mampet – Pipa paralon atau yang biasa disebut dengan pipa pvc merupakan salah satu jenis pipa air yang biasa digunakan sebagai material utama pada instalasi air. Jenis pipa ini memang banyak digunakan dan menjadi pilihan utama karena memiliki banyak kelebihan. Salah satunya adalah awet dan harganya terbilang sangat terjangkau.



Namun meski demikian, dalam penggunaannya pipa PVC juga sering bermasalah, seperti mampet atau tersumbat. Sumbatan pada pipa akan membuat air menjadi menggenang di lantai kamar mandi ataupun tempat yang lainnya. Jika dibiarkan begitu saja tentu akan muncul permasalah baru yang bisa menganggu kegiatan di rumah.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara mengatasi pipa paralon dengan mudah. Kami juga akan menjelaskan apa yang menjadi penyebab pipa paralon menjadi tersumbat. Lebih jelasnya, silahkan simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Cara Membuat Saringan Air Dari Pipa PVC

Penyebab Pipa Paralon Tersumbat

Ada beberapa hal yang menyebabkan saluran air pada pipa menjadi tersumbat. Mungkin Anda akan mengalami kesulitan dalam mencari sumber sumbatan, karena pipa yang tertanam pada dinding atau lantai memang sulit terlihat.

Untuk bisa mengatasi pipa paralon yang mampet maka Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Sehingga Anda nantinya tahu apa langkah yang perlu diambil. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang membuat pipa paralon mampet:



  1. Sampah Makanan

Sampah makanan menjadi penyebab yang paling utama tersumbatnya pipa paralon. Biasanya berasal dari sisa-sisa makanan pada piring yang ingin dicuci. Sebelum diletakkan ke dalam wastafel, sisa makanan seharusnya harus dibuang ke tempat sampah terlebih dahulu.

Jika sisa makanan tersebut dibiarkan mengalir dengan air cucian, tak heran jika saluran nantinya bisa mampet karena adanya sampah makanan yang semakin lama semakin menumpuk.

  1. Endapan Sabun

Pengendapan sabun ternyata juga bisa membuat pipa paralon menjadi mampet. Jika pengendapan ini terjadi cukup lama, atau mengendap hingga menempel dan bahkan menggumpal pada dinding pipa paralon, maka bisa menutup aliran air yang ada pada pipa. Endapan sabun ini biasanya berwarna putih.



  1. Pengendapan Lumpur

Pipa yang tersumbat juga disebabkan karena adanya endapan lumpur dan kotoran yang dibawa oleh air tanah (jika menggunakan sumur bor). Sumber air yang kurang baik biasanya akan membawa sisa lumpur ataupun partikel halus lainnya yang akan mengalirkannya melalui pipa ketika digunakan. Lumpur dan partikel halus ini akan menggumpal pada persimpangan pipa.

Jika Anda tidak memasang saringan air pada mesin penyedot maka dapat dipastikan bahwa lumpur yang sudah bertumpuk akan menggumpal dan melapisi dinding pipa. Sehingga secara perlahan bisa menimbulkan sumbatan yang ada pada jalur pipa air.

Cara Mengatasi Pipa Paralon Mampet

Setelah mengetahui penyebabnya, maka kami akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi pipa paralon yang tersumbat dengan mudah. Berikut ini pembahasan selengkapnya.

  1. Menggunakan Gulungan Plastik dan Tali

Kantong plastik dan tali yang ada di rumah ternyata bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi pipa paralon yang tersumbat. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaliri pipa dengan air dan didiamkan hingga beberapa menit. Jika sudah maka buatlah gulungan dari kantong plastik. Ukuran gulungan ini bisa Anda sesuaikan dengan ukuran pipa paralon.

Lalu ikat gulungan tersebut dengan menggunakan tali dan masukkan ke dalam pipa hingga mencapai bagian ujung pipa. Selanjutnya tarik gulungan plastik tersebut. Saat gulungan plastik ini Anda tarik, kotoran yang telah menempel pada pipa juga akan ikut tertarik ke luar. Usahakan untuk meggunakan tali yang kuat supaya tidak putus ketika ditarik ke atas.



  1. Menggunakan Soda Api

Cara untuk mengatasi saluran air yang mampet berikutnya adalah menggunakan soda api. Soda api ini sendiri memiliki sifat korosif atau merusak. Sehingga sudah pasti mampu menghancurkan kotoran yang menyumbat pipa paralon. Soda api juga memiliki nama ilmiah Natrium Hidroksida. Adapun cara penggunaan soda api untuk mengatasi saluran air yang mampet adalah sebagai berikut:

  • Pertama siapkan air panas terlebih dahulu. Air panas ini nantinya dapat memicu reaksi soda api agar menjadi lebih efektif.
  • Sebelum menuangkan bahan kimia ini, Anda harus menggunakan sarung tangan dan masker wajah agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini karena soda api memang memiliki sifat yang sangat keras. Jika terkena bagian kulit akan menimbulkan iritasi dan bahkan melepuh.
  • Jika sudah benar-benar aman, soda api bisa dituangkan secara langsung pada pipa paralon yang tersebut. Tuangkan juga air panas dalam jumlah sedang secara perlahan.

Cara ini bisa dilakukan hingga beberapa kali, sampai pipa paralon benar-benar sudah lancar kembali. Namun ketika dalam proses ini, pastikan bahwa wastafel tidak digunakan terlebih dahulu sekitar 5 sampai 6 jam. Tujuannya supaya senyawa kimia yang ada dalam soda api bisa bekerja secara maksimal untuk menghancurkan semua kotoran yang menyumpat. Jika sudah 6 jam, saluran pipa bisa disiram dengan menggunakan air mengalir.

  1. Menggunakan Pasir Kasar



Leave a Comment