Warna Cat Dinding / Tembok Kamar Tidur

Warna Cat Kamar – Secara psikologis, pemilihan warna dapat mempengaruhi mood dan suasana hati seseorang. Ada warna yang bisa memberikan semangat dan ada juga warna yang bisa memberikan efek menenangkan.

Maka dari itu, pemilihan suatu warna dapat meningkatkan suasana hati ini. Hal ini penting untuk diperhatikan terutama dalam pemiilihan warna untuk interior rumah.

cat dinding kamar

Desain interior sendiri meliputi kombinasi semua elemen yang dapat membuat ruangan terlihat bagus. Ada pemilihan cat dinding, berbagai macam furniture, dan juga ornamen dekoratif yang lainnya. Namun yang paling penting adalah menentukan warna untuk cat dinding, karena dapat mendominasi isi ruangan supaya tampilannya menjadi serasi.

Bagaimana Cara Memilih Warna Cat Dinding Ruangan?

Cara Memilih Warna Cat Dinding Ruangan

Dalam pemilihan warna cat dinding yang digunakan untuk kamar tidur, setiap orang sudah pasti mempunyai warna favorite yang ingin digunakan pada kamar tidurnya. Kamar tidur adalah sebuah ruangan yang dikhususkan untuk pribadi sehingga untuk masalah selera penghuni kamar memang harus dipertimbangkan.

Untuk menciptakan efek yang menenangkan di dalam kamar tidur tidak harus menggunakan warna natural seperti warna putih dan biru. Hal ini karena semua macam warna sebenarnya bisa memberikan efek yang menenangkan.

Warna cat dinding kamar tidur yang bisa memberikan efek menenangkan biasanya berwarna soft dan lembut. Berbagai macam warna tersebut memang terkesan halus sehingga cocok untuk berelaksasi. Dengan begitu saat Anda berada di dalam kamar tidur akan merasa sangat santai dan pandangan mata Anda di sekeliling ruangan bisa lebih nyaman.

Tips Memilih Warna Cat Dinding Kamar Tidur

Jika Anda sedang bingung memilih warna yang pas untuk kamar tidur, berikut ini kami akan memberikan tips dalam memilih warna yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan!

Tips Memilih Warna Cat Dinding Kamar Tidur

  1. Ketahui Kebutuhan dan Keinginan Sebelum Memilih Warna

Penting sekali untuk mengutamakan kebutuhan dalam pemilihan warna cat untuk kamar tidur. Sebab, seperti yang kita tahu bahwa kebanyakan orang selama ini hanya memilih warna favorit mereka. Warna favorit memang dapat meningkatkan suasana hati, tetapi kebutuhan juga memberikan pengaruh dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Perlu diingat juga bahwa mengecat ulang bukanlah suatu pekerjaan yang hanya membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 2 jam. Dibutuhkan banyak waktu, tenaga, dan juga biaya untuk melakukannnya. Jadi Anda harus pastikan bahwa warna dan jenis cat yang ingin digunakan harus benar-benar sesuai dengan karakter dan kebutuhan supaya kamar tidur bisa terasa nyaman lebih lama.

  1. Kenali Kamar Tidur dan Berbagai Macam Perabotannya

Elemen ruang tidak hanya bagian dinding saja, tetapi juga plafon, lantai, dan juga berbagai perabotan yang ada di dalamnya. Setiap elemen mempunyai peran dan karakteristik yang unik, mulai dari tekstur, bahan, ketahanannya terhadap suhu, sampai dengan warnanya yang  sudah pasti akan saling berkaitan dan melengkapi. Oleh karena itu, dalam pemilihan warna cat dinding kamar tidur penting sekali untuk menyesesuaikannya dengan elemen yang lainnya.

  1. Pemilihan Warna yang Tepat

Pilihlah warna yang bagus untuk dinding kamar Anda. Apakah Anda ingin memilih warna yang cerah atau lembut? Kontras atau netral? Satu warna atau bahkan lebih?

Ketika memilih warna cat dinding, Anda juga harus mengingat warna lantai, plafon, dan juga perabotan yang ada di dalam kabar. Jangan buru-buru untuk menentuk warnanya, Anda bisa minta sample warnanya terlebih dahulu untuk kemudian dibawa pulang untuk dicocokan dengan warna elemen yang lainnya.

Baca Juga: Desain Kamar Tidur Minimalis

Insipirasi Warna Cat Dinding Kamar Tidur yang Menenangkan

  1. Hitam, Putih, dan Cokelat

Cat Kamar Hitam, Putih, dan Cokelat

Jarang sekali orang yang memilih warna hitam untuk dinding kamar tidur karena bisa membuat ruangan menjadi terasa gelap. Tetapi jika warna hitam tersebut didesain dengan baik bisa membuat ruang kamar Anda terlihat stand out.

Caranya adalah dengan mengaplikasikan warna hitam pada satu dinding saja sebagai aksen, sedangkan untuk dinding yang lainnya bisa menggunakan warna putih. Pilih material ceiling dan juga lantai yang sedikit terang untuk semakin menonjolkan warna dinding ini.

  1. Biru dan Emas

Cat Kamar Biru dan Emas

Kesan glamour akan sangat terasa jika Anda mengkombinasikan warna ini. Berikan pencahayaan yang cukup terang supaya kamar tidur Anda bisa terasa lebih lapang. Pilih juga bed linen yang memiliki warna senada untuk memberikan kesan yang mewah.

  1. Coklat dan Hijau

Cat Kamar Coklat dan Hijau

Jika rumah Anda memiliki nuansa klasik dengan akses yang berupa profil dinding maka menggunakan warna coklat akan terlihat manis di area dinding Anda. Hal ini karena cokelat merupakan earthy tone, maka usahakan untuk memilih bed linen yang memiliki warna kontras seperti hijau atau biru terang. Pilih juga furnitur yang memiliki warna putih supaya memberikan nunasa segar pada sudut kamar.

  1. Pink, Jingga, dan Putih

Cat Kamar Pink, Jingga, dan Putih

Pemilihan warna ini akan sangat cocok sekali bagi remaja perempuan. Kombinasi warna yang sangat soft dan ceria ini akan menciptakan mood dan juga energi yang positif bagi remaja perempuan. Berikan juga sentuhan warna jingga pada karpet dan bantal untuk memberikan kesan meriah pada kamar tidur.

  1. Biru dan Krem Bernuansa Laut

Cat Kamar Biru dan Krem Bernuansa Laut

Menurut sebuah penelitian, warna biru dan hijau merupakan kombinasi warna cat kamar tidur yang sangat menenangkan. Jika Anda menyukai suasana yang seperti demikian maka Anda mencoba untuk memadukan warna yang terinspirasi langsung dari laut.

Warna krem tentunya akan mengingatkan Anda dengan awan, sedangkan untuk warna biru pastel yang terinspirasi secara langsung dari warna air laut merupakan perpaduan yang paling sempurna untuk menciptakan nuansa pantai.

Untuk memberikan kesan pesisir yang sangat kuat maka Anda bisa menggunakan lantai yang memiliki warna cokelat yang dimana bisa Anda dapatkan dengan cara memasang lantai dari kayu.

  1. Abu-Abu dan Cokelat

Cat Kamar Abu-Abu dan Cokelat

Warna abu-abu dan cokelat merupakan salah satu warna netral yang paling aman dan umum untuk digunakan oleh kebanyakan orang. Untuk warna cokelat bisa Anda ambil dengan cara menggunakan bahan material kayu pada ceiling atau lantai parket.

Untuk dapat memberikan aksen pada kamar tidur Anda, Anda bisa juga menggunakan bunga. Selain itu, bisa juga menggunakan pajangan yang memiliki warna terang seperti kuning atau merah.

  1. Abu-Abu Bernada Netral dengan Pop of Color

Abu-Abu Bernada Netral dengan Pop of Color

Abu-abu yang bernada lembut merupakan warna cat untuk dinding kamar tidur yang paling menenangkan. Tetapi Anda bisa membuat ruangan kamar tidur menjadi semakin berkarakter dengan menambahkan pop of color yang sudah pasti akan memanjakan mata.

Bisa Anda lihat pada contoh gambar ini, Anda bisa memilih warna merah sebagai pasangan warna cat dinding kamar tidur untuk memberikan efek yang lebih maksimal.

Baca Juga: Harga Sprei Berbagai Merk

Itulah beberapa contoh kombinasi warna cat dinding kamar tidur yang menenangkan. Semoga Anda bisa menemukan kombinasi warna yang sesuai dengan selera Anda, semoga bermanfaat!

Leave a Comment