Harga Atap Bitumen / Asphalt Per m2

Posted on

Harga Atap Bitumen / Asphalt Per m2 – Atap menjadi bagian yang paling penting dalam pembangunan rumah. Kekuatan atap sangat dibutuhkan supaya bangunan rumah terhindar dari berbagai masalah seperti kebocoran, angin, dan hal-hal lainnya yang bisa membahayakan para penghuninya. Maka dari itu, Anda harus selektif dalam memilih material atap untuk bangunan rumah.



Pemilihan atap harus dipertimbangkan sebaik mungkin karena bisa mempengaruhi usia rumah dan kenyamanan.  Salah satu material yang bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat untuk atap Anda adalah atap bitumen.

Atap ini juga sangat populer di pasaran karena memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan jenis atap yang lainnya.  Bagi Anda yang ingin mengetahui keunggulan dan informasi lengkap mengenai atap bitumen, silahkan simak pembahasannya berikut ini.

Baca juga: Harga Genteng Metal Pasir Per Lembar

Mengenal Atap Aspal (Genteng Bitumen)

Genteng bitumen atau yang biasa disebut dengan atap aspal merupakan salah satu jenis atap dengan bahan dasar aspal atau bitumen yang dicampur dengan berbagai jenis bahan yang lainnya seperti pasir batu, fiberglass, dan alga coating. Atap aspal ini dikembangkan pertama kali pada tahun 1893 dengan bentuk berupa rol. Pada waktu itu bahan dasar pembuatannya tidak menggunakan batu-batuan. Selanjutnya di tahun 1897, barulah ditambahkan berbagai bahan seperti kulit tiram, batu kapur, tanah liat dan silika untuk menambah kekuatan genteng bitumen.

Atap ini beredar pertama kali di Amerika pada tahun 1900an. Bentuk atap bitumen ini sudah dipotong menjadi beberapa tab, sampai multitab. Namun mulai banyak diproduksi dan digunakan oleh masyarakat secara luas pada tahun 1903. Perkembangan dalam pembuatannya mengalami peningkatan pada tahun 1939, yang dimana mencapai 11 juta produksi.



Setelah itu, pada tahun 1939 atap bitumen sudah menjadi produk atap tanpa perekat. Tetapi pada tahun 1950, atap bitumen yang diproduksi sudah ditambahkan dengan bahan perekat antar genteng. Sedangkan untuk penambahan fiberglass pada bahan dasar pembuatannya mulai diterapkan pada tahun 1960.

Baca juga: Harga Dan Ukuran Atap Onduline

Baca juga: Cara Menghitung Jumlah Genteng Per m2

Ukuran Atap Bitumen

Lazimnya ukuran atap bitumen memiliki dimensi standar tertentu. Untuk yang bergelombang seperti Onduline, berikut ukurannya:

Ukuran atap bitumen gelombang Keterangan
Lebar 95 cm
Panjang 200 cm
Luas Efektif 1,53 m2/lembar
Tebal 0,3 cm
Berat 6,5 kg (3.42 kg/m2)
Tinggi gelombang 4 cm
Jumlah gelombang 10

Untuk yang sirap datar seperti CTI ukurannya adalah:

Ukuran atap bitumen datar Keterangan
Panjang 1000 mm
Lebar 333 mm
Exposure 143 mm
Headlap 50 mm
Jumlah per bundle 21
Coverage per bundle 3 m2
Berat 11 kg/m2

Sementara untuk jenis tile, umumnya ukuran atap bitumen adalah 28×100 cm dan 30×100 cm dengan ketebalan 2-3 mm.



Baca juga: Jenis Dan Ukuran Atap Rumah Multiroof

Karakteristik Atap Bitumen 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *