Harga Kanstin Beton Taman Dan Trotoar

Posted on

Metode Cara Pemasangan Kanstin

Metode Cara Pemasangan Kanstin



Supaya terhindar dari kesalahan saat proses pemasangan kanstin, penting sekali untuk mempelajari bagaimana cara memasang kanstin. Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai metode cara pemasangan kanstin yang baik dan benar.

  • Proses Pembuatan Drainase

Hal pertama yang harus dilakukan saat memasang kanstin beton adalah dengan membuat drainase. Semua proses pembuatan jalan biasanya akan menggunakan drainase sebagai saluran pembuangan air. Dalam pembuatan drainase harus dilakukan secara teliti karena tujuan utamanya adalah untuk mencegah terjadinya genang air yang berdampak langsung pada jalan supaya tidak rawan rusak ataupun berlubang.

Jarak yang digunakan dalam pemasangan kanstin disini adalah 100 sampai dengan 150 mm dari tepi jalan atau tembok sehingga genangan air nantinya bisa mengalir dengan baik melalui saluran paving. Ketika melakukan perbaikan drainase pada sebuah area jalan seringkali membuat para pengguna jalan merasa tidak nyaman.

Oleh karenanya, saat pembuatan drainase dibutuhkan teknis desain yang berupa cross fall atau longitudan fall. Penting untuk diperhatikan bahwa dalam pembuatan drainase, sudut kemiringan yang ideal adalah 1,5 sampai 2 derajat.

  • Proses Pembuatan Alas Kanstin

Proses Pembuatan Alas Kanstin

Tahap berikutnya adalah peletakan kanstin beton. Pemasangan kanstin beton disini harus dilakukan secara urut, yaitu mulai dari satu sisi. Saat memasang kanstin beton berikan sedikit jarak kurang lebih 1 sampai 2 cm.

Dala hal ini dibutuhkan benang yang memiliki fungsi untuk dapat meluruskan posisi kanstin beton yang dipasang. Atau bisa juga menggunakan kayu yang bentuknya lurus untuk mempermudah Anda dalam meluruskan kanstin.

  • Proses Pembuatan Haunching

Proses pembuatan hauncing ini biasa disebut dengan istilah mengunci kanstin. Hal ini penting dilakukan karena untuk mencegah terjadinya pergeseran atau perpindahan posisi kanstin dari tempat yang semula.

Jarak yang diberikan ketika peletakan kanstin harus diisi terlebih dahulu dengan material sehingga kanstin beton nantinya bisa semakin kokoh. Saat pemadatan harus dilakukan dengan sangat hati-hati supaya kanstin beton tidak bergeser.

  • Proses Terakhir Pemasangan Kanstin

Pemasangan Kanstin

Dalam melakukan proses ini dibutuhkan mortir yang digunakan untuk melapisi kanstin sekaligus sebagai perekat. Tingkat ketebalan mortar sekitar 12 sampai dengan 20 mm. Tidak hanya mortar, dalam proses ini juga dibutuhkan besi dowel yang memiliki fungsi sebagai pengait plat beton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *