Harga Kanstin Beton Taman Dan Trotoar

Harga Kanstin Beton – Kanstin atau kerb adalah bahan bangunan yang termasuk dalam produk beton precast. Material bangunan ini bisa digunakan untuk taman, taman, pembatas bahu jalan, dan lainnya.

Fungsi utama kanstin adalah untuk menahan serta mengunci susunan paving block yang telah dipasang supaya nantinya tidak akan bergeser atau berpindah posisi pada saat terpasang.

Kanstin Beton

Kanstin terbuat dari bahan campuran beton yang berupa semen, batu split, pasir, dan semen. Kanstin diproduksi khusus dengan menggunakan sistem pracetak yaitu dibuat dalam jumlah yang cukup banyak oleh pabrik precast.

Sedangkan untuk masalah produksinya tidak jauh berbeda dengan produk pracetak yang lainnya seperti box culvert, u-ditch, buis beton, paving block, dan pagar panel.

Fungsi Kanstin Beton

Fungsi Kanstin Beton

Kanstin beton sebenarnya memiliki banyak sekali fungsi jika dipergunakan dalam sebuah proyek pembangunan terutama pada infrastruktur jalan raya. Adapun fungsi lainnya dari kanstin beton adalah sebagai berikut:

  • Kanstin memiliki fungsi sebagai pengunci susunan paving block (conblock)
  • Kanstin mampu mencegah terjadinya pergeseran paving block (conblock)
  • Kanstin akan memudahkan para pekerja dalam membentuk sudut berdasarkan yang sudah ditentukan
  • Kanstin memiliki fungsi untuk pembatas antara lajur satu dengan lajur yang lainnya
  • Kansin dapat menahan serta mengarahkan air supaya bisa masuk ke dalam saluran drainase
  • Kanstin dapat memberikan tampilan kesan yang sangat rapi dan indah pada setiap badan jalan.

Keunggulan Kanstin Beton

Sama dengan produk pracetak yang lainnya, kanstin beton memiliki banyak sekali keunggulan. Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh produk kanstin beton sehingga banyak digunakan pada badan jalan:

  • Mempunyai berat yang jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan produk pembatas-pembatas jalan yang lainnya.
  • Perawatannya yang bisa dibilang sangat mudah, bahkan Anda bisa membongkar pasang kembali jika misalnya ada kesalahan saat melakukan proses pemasangan.
  • Kanstin beton memiliki banyak sekali bentuk dan ukuran yang tersedia di pasaran sehingga bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan suatu proyek.
  • Dapat menyerap air dengan baik sehingga bisa dialirkan secara langsung pada saluran drainase.

Kelemahan Kanstin Beton

Selain memiliki banyak keunggulan, kanstin juga tak luput dari kekurangan. Apalagi jika Anda menggunakan  produk kanstin beton dengan kualitas rendah sehingga tidak akan sesuai sebagaimana semestinya. Adapun kelemahan kanstin beton adalah sebagai berikut:

  • Proses pemasangan kanstin beton bisa jadi akan bergelombang jika struktur atau pondasi permukaannya tidak kuat atau padat.
  • Sering sekali terjadi kesalahan dalam proses pemasangan jika prosesnya tidak sesuai dengan prosedur. Akibat yang sering terjadi adalah kanstin nantinya akan mudah sekali bergeser atau berpindah posis dari titik semula pemasangannya. Jika dibiarkan begitu saja maka jarak antara satu kanstin dengan kanstin berikutnya bisa menjadi renggang dan tidak rapi.

Baca juga: Harga Buis Beton

Jenis-Jenis Kanstin Beton

Kanstin beton memiliki banyak jenis sesuai dengan ukuran dan fungsinya. Berikut ini adalah jenis-jenis kanstin beton:

Jenis-Jenis Kanstin Beton

  1. Kanstin Jepit

Kanstin jepit memiliki ukuran yang paling kecil jika dibandingkan dengan kanstin jenis lainnya. Jenis kanstin ini banyak digunakan pada area taman yang berada di perumahan-perumahan. Fungsi utamanya adalah sebagai pembatas atau border untuk taman tersebut.

Kanstin beton ini juga bisa memberikan nilai estetika pada taman sehingga akan terlihat sangat cantik dan rapi. Kanstin beton memiliki dua macam ukuran, yaitu dimensi 40x20x10 cm dan 40x20x13x10 cm.

  1. Kanstin Taman

Kanstin taman mempunyai ukuran serta spesifikasi standar. Jenis kanstin beton ini banyak dimanfaatkan sebagai pembatas jalan. Selain itu, bisa juga digunakan pada sistem pengaspalan jalan maupun pemasangan paving block. Kanstin taman terdiri dari dua macam, yaitu dimensi 40x25x15x 13 cm dan juga dimensi 40x28x15x13 cm.

  1. Kanstin Pembatas Jalan Raya (Kanstin DKI)

Kanstin pembatas jalan raya  atau yang biasa disebut dengan kanstin DKI Jumbo merupakan jenis kanstin beton yang memiliki ukuran paling besar. Ukuran yang dimiliki jenis kanstin beton ada dua macam yaitu type kanstin 60x25x22x18 dan type 60x30x25x25 cm.

  1. Kanstin Type S (Kanstin Tali Air)

Kanstin type S akaan sangat cocok untuk dipasang pada perumahan cluster karena memiliki bentuk yang sangat unik dan fungsinya bisa diaplikasikan sebagai tali air atau jalan air. Dengan bentuknya yang sedikit tirus pada bagian depan akan membuat air mengalir di bagian permukaan kanstin tersebut. Kanstin type S ini mempunyai spesifikasi ukuran 40x30x15x8 cm.

  1. Kanstin Lubang Air

Kanstin lubang air merupakan kanstin yang mempunyai lubang pada bagian tengahnya. Fungsinya adalah sebagai lubang pembuangan air untuk menuju langsung ke saluran gorong-gorong. Sebenarnya semua jenis kanstin ada juga kansten model lubang air.

Metode Cara Pemasangan Kanstin

Metode Cara Pemasangan Kanstin

Supaya terhindar dari kesalahan saat proses pemasangan kanstin, penting sekali untuk mempelajari bagaimana cara memasang kanstin. Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai metode cara pemasangan kanstin yang baik dan benar.

  • Proses Pembuatan Drainase

Hal pertama yang harus dilakukan saat memasang kanstin beton adalah dengan membuat drainase. Semua proses pembuatan jalan biasanya akan menggunakan drainase sebagai saluran pembuangan air. Dalam pembuatan drainase harus dilakukan secara teliti karena tujuan utamanya adalah untuk mencegah terjadinya genang air yang berdampak langsung pada jalan supaya tidak rawan rusak ataupun berlubang.

Jarak yang digunakan dalam pemasangan kanstin disini adalah 100 sampai dengan 150 mm dari tepi jalan atau tembok sehingga genangan air nantinya bisa mengalir dengan baik melalui saluran paving. Ketika melakukan perbaikan drainase pada sebuah area jalan seringkali membuat para pengguna jalan merasa tidak nyaman.

Oleh karenanya, saat pembuatan drainase dibutuhkan teknis desain yang berupa cross fall atau longitudan fall. Penting untuk diperhatikan bahwa dalam pembuatan drainase, sudut kemiringan yang ideal adalah 1,5 sampai 2 derajat.

  • Proses Pembuatan Alas Kanstin

Proses Pembuatan Alas Kanstin

Tahap berikutnya adalah peletakan kanstin beton. Pemasangan kanstin beton disini harus dilakukan secara urut, yaitu mulai dari satu sisi. Saat memasang kanstin beton berikan sedikit jarak kurang lebih 1 sampai 2 cm.

Dala hal ini dibutuhkan benang yang memiliki fungsi untuk dapat meluruskan posisi kanstin beton yang dipasang. Atau bisa juga menggunakan kayu yang bentuknya lurus untuk mempermudah Anda dalam meluruskan kanstin.

  • Proses Pembuatan Haunching

Proses pembuatan hauncing ini biasa disebut dengan istilah mengunci kanstin. Hal ini penting dilakukan karena untuk mencegah terjadinya pergeseran atau perpindahan posisi kanstin dari tempat yang semula.

Jarak yang diberikan ketika peletakan kanstin harus diisi terlebih dahulu dengan material sehingga kanstin beton nantinya bisa semakin kokoh. Saat pemadatan harus dilakukan dengan sangat hati-hati supaya kanstin beton tidak bergeser.

  • Proses Terakhir Pemasangan Kanstin

Pemasangan Kanstin

Dalam melakukan proses ini dibutuhkan mortir yang digunakan untuk melapisi kanstin sekaligus sebagai perekat. Tingkat ketebalan mortar sekitar 12 sampai dengan 20 mm. Tidak hanya mortar, dalam proses ini juga dibutuhkan besi dowel yang memiliki fungsi sebagai pengait plat beton.

Baca juga: Harga Box Culvert

Harga Kanstin Beton Taman Dan Trotoar

Harga Kanstin Beton Taman Dan Trotoar

Spesifikasi Kanstin

Spesifikasi Kanstin

Leave a Comment