Metode Pelaksanaan Pekerjaan Kolom Dan Balok

Posted on

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Kolom Dan Balok – Balok dan kolom adalah komponen struktur utama yang berperan sebagai penopang semua beban pada struktur gedung. Balok memiliki fungsi sebagai rangka penguat horizontal sedangkan kolom berfungsi untuk menahan beban aksial tekan vertikal.



Membahas mengenai kolom dan balok, kali ini kami akan menjelaskan metode pelaksanaannya.  Namun sebelum itu, mari simak terlebih dahulu pembahasan mengenai cara membuat kolom praktis dengan mudah. Berikut ini pemabahasan selengkapnya.

Baca juga: Komponen Bekisting Kolom Dan Perhitungannya

Cara Membuat Kolom Praktis

Pembuatan kolom praktis dilakukan dengan menggunakan beton bertulang. Biasanya dibuat dari tulangan besi yang berjumlah 4 buah dengan diameter 10 mm (4D10). Sedangkan pada bagian sengkangannya menggunakan sengkangan besi memiliki diameter 8 dengan jarak 150 mm (P8-150).

Cara membuat kolom praktis bisa dibilang sangat mudah dan tidak perlu menggunakan perhitungan yang rumit. Bahkan Anda bisa membuatnya sendiri tanpa menggunakan jasa tukang bangunan.



Pada prinsipnya, ada dua metode yang bisa digunakan untuk membuat kolom praktis, yaitu:

  1. Memasang kolom praktis menggunakan bekisting di keempat sisinya. Kemudian kolom ini dicor terlebih dahulu. Pada badan kolom ini lantas ditanami dengan angkur yang terbuat dari tulangan besi berdiameter 8 mm pada setiap jarak 1 m. Tunggu beberapa saat agar beton ini mengeras. Barulah kemudian dapat dilakukan pemasangan dinding.
  2. Memasang kolom praktis setelah dinding telah selesai dibangun. Barulah kemudian dipasang bekisting pada kedua sisi yang menempel ke dinding. Setelah itu, dilanjutkan dengan pekerjaan pengecoran. Dibandingkan metode pertama di atas, metode kedua ini lebih banyak digunakan di lapangan karena jauh lebih praktis.

Baca juga: Harga Besi Kolom Praktis

Panduan Memasang Kolom Praktis

Di bawah ini merupakan contoh pekerjan dalam pembuatan kolom praktis secara lebih detail!

  1. Pasanglah rangkaian tulangan secara vertikal terlebih dulu. Anda bisa menggunakan tulangan 4D10 dengan sengkangan P8-150.
  2. Pasang bekisting di masaing-masing sisi rangkaian tulangan, di mana jarak tulangan terluar dan bekisting minimal 2 cm.
  3. Buatlah adukan beton sebagai bahan pengisi dari kolom praktis ini. Adukan beton terbuat dari campuran agregat kasar, agregat halus, dan bahan pengikat.
  4. Masukkan adukan beton sedikit demi sedikit. Bila perlu, Anda bisa menggunakan tongkat untuk mendorong adukan beton ini agar dapat mengisi dengan padat.
  5. Pekerjaan pembuatan kolom praktis ini bisa dilakukan setiap tinggi 90-120 cm supaya hasilnya lebih padat dan tidak ada bagian yang keropos.

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Kolom Praktis dan Balok Latei

Berikut ini adalah tata cara pelaksanaan pekerjaan kolom praktis dan balok latei:



Persiapan

  • Membuat dan mengajukan gambar shop drawaing pekerjaan kolom dan balok latei.
  • Approval bahan yang ingin digunakan.
  • Menyiapkan lahan kerja.
  • Menyiapkan beberapa bahan seperti semen PC, kaso, pasir, split, multiplek, besi beton, kawat paku beton, paku air, dan lain sebagainya.
  • Menyiapkan alat bantu kerja seperti theodolith, waterpass, meteran, bor listrik, gunting besi, pembengkok besi, gergaji, unting-unting, benang, selang air, dan lain sebagainya.

Pemasangan Balok Latei & Kolom Praktis

Baca juga: Cara Menghitung Kubikasi Beton

Pengukuran

  • Surveyor melakukan pengukuran dengan menggunakan theodilith dan memberi tanda (marking) untuk posisi titik perletakan kolom beton mudah serta balok latei.

Fabrikasi Besi Tulangan

  • Fabrikasi besi beton tulangan menggunakan mutu, ukuran dan panjang yang sesuai dengan gambar kerja yang sudah mendapat persetujuan.
  • Fabrikasi besi beton untuk tulangan kolom mudah serta balok latei.
  • Besi beton yang sudah difabrikasi diberikan suatu tanda yang sesuai dengan penempatannya.
  • Posisi besi beton untuk tulangan pada kolom mudah serta balok latei yang masih belum ada besi stek existing, harus dibuatkan besi stek dengan menggunakan alat bantu bor listrik.

Fabrikasi Bekisting



  • Fabrikasi bekisting untuk kolom beton mudah praktis harus menggunakan bahan multiplek dan perkuatannya menggunakan kaso.
  • Memotong multiplek yang ingin digunakan untuk bekisting kolom mudah dan balok lintel.
  • Bekisting bisa dipasang pada lokasi besi beton tulangan kolom mudah dan balok intel yang memiliki dimensi sesuai dengan gambar kerja.
  • Melakukan pemasangan perkuatan atau support pada bekisting.
  • Pemasangan bekisting harus rapi, siku dan lurus. Tujuannya supaya pengecoran beton bisa menghasilkan bidang yang flat atau maksimal. Jangan lupa untuk menggunakan waterpass untuk melakukan pengecekan.
  • Pemasangan beton decking harus benar-benar merata dan sesuai kebutuhan.

Pengecoran Beton

  • Sebelum melakukan pengecoran, periksa dulu kekuatan pola yang sudah dipasang atau difabrikasi, semua ukuran sudah sesuai dengan rencana.
  • Bahan yang digunakan untuk melakukan pengecoran beton adalah beton readymix K-175.
  • Pengecoran beton bisa dilakukan jika area sudah siap. Adukan beton harus dituangkan terlebih dahulu ke area pengecoran. Jika sudah maka adukan tersebut bisa langsung diratakan dan dipadatkan sehingga beton tidak memiliki sarang tawon sama sekali atau keropos.

Baca juga: Cara Menentukan Diameter Besi Tulangan

Demikian informasi mengenai metode pelaksanaan pekerjaan kolom simpel dan balok latei yang bisa kami sampaikan kali ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *