Cara Membuat Sumur Bor Dan Mencari Sumber Air

Posted on


Membuat Sumur Bor Dan Mencari Sumber Air – Semua orang di bumi sudah pasti membutuhkan air untuk bertahan hidup. Selain untuk keperluan konsumsi, air juga dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari seperti mandi, cuci, memasak dan lainnya. Untuk mencukupi kebutuhan akan air, banyak sekali masyarakat yang sudah membuat sumur sendiri.



Berdasarkan teknik pembuatannya, sumur terbagi dalam dua jenis yaitu sumur gali dan sumur bor. Namun sumur bor lebih banyak dipilih karena memiliki keunggulan tersendiri. Salah satu keunggulannya dalah tidak perlu tempat yang begitu luas. Selain itu, pembuatan sumur bor cukup mudah karena menggunakan teknik pengeboran.

Baca juga: Cara Membuat Pompa Air Tanpa Listrik

Apa Itu Sumur Bor?

Sumur bor adalah sebuah sumur yang dibuat dengan cara mengebor tanah hingga kedalaman yang tertentu sampai menemukan air yang bersih, jernih, dan sehat. Hal ini tentu berbeda dengan sumur gali yang biasa dibuat dengan cari menggali ke dalam tanah secara manual menggunakan cangkul ataupun peralatan yang lainnya. Cara seperti ini akan membutuhkan banyak waktu dibanding teknik sumur bor.

Peralatan yang dibutuhkan dalam pembuatan sumur bor adalah mata bor yang tajam, mesin penyedot air, dan besi bulat untuk melakukan pengeboran pada tanah. Sedangkan untuk beberapa bahan yang digunakan adalah pipa 5 inci, pipa 3 inci, pipa 1 inci, pipa ½ inci, lem pipa, keran, dan mesin pompa air. Jika ditotal secara menyeluruh, biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat sumur bor adalah sekitar 5 sampai 10 juta.

Baca juga: Mengatasi Saluran Air Yang Mampet

Cara Membuat Sumur Bor dengan Paralon

  1. Menentukan Lokasi yang Tepat

Sebelum memulai pembuatan sumur bor, usahakan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan aparat setempat untuk meminta izin melakukan pengeboran. Tujuannya tak lain untuk memastikan bahwa nantinya tidak ada permasalah yang timbul ketika sumur sudah selesai dibuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *