Harga Dan Ukuran Atap Onduline

Posted on

Harga Dan Ukuran Atap Onduline – Atap onduline sekarang ini mulai banyak digunakan untuk menghiasi atap-atap bangunan di Indonesia. Atap dengan bahan onduline bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan atap berkualitas, kuat dan indah dipandang mata.



Jenis atap yang satu ini memang menawarkan banyak keunggulan sehingga tak heran jika selalu dijadikan pilihan utama. Nah, bagi Anda yang berminat untuk menggunakannya, sebaiknya simak terlebih dahulu ulasan mengenai atap onduline berikut ini.

Baca juga: Harga Atap Bitumen / Asphalt Per m2

Mengenal Atap Onduline

Atap onduline merupakan salah satu jenis atap ramah lingkungan yang tidak memiliki kandungan unsur asbes dan metal sama sekali di dalamnya. Sehingga dijamin tidak akan mengalami korosi dan karat. Onduline sudah teruji kualitasnya dan bisa digunakan sebagai atap pada semua jenis bangunan, mulai dari perumahan, gudang, industri, dan lainnya. Selain itu, penggunaannya bisa dibilang sangat fleksibel karena bisa digunakan pada berbagai cam model atap ataupun rangka atap manapun.

Sedangkan untuk materialnya sendiri, atap onduline terbuat dari serat selulosa yang didapatkan dari berbagai sumber seperti kertas daur ulang dan kayu pulp. Selain itu, ada juga bahan lain seperti mineral aditif, resin dan aspal sehingga membuat atap onduline memiliki ketahanan yang sangat baik.



Baca juga: Harga Genteng Metal Transparan

Ukuran Atap Onduline

Atap onduline adalah jenis atap yang memiliki bentuk gelombang dengan ukuran ketebalan 0,3 cm. Atap gelombang yang satu ini tersedia dalam ukuran panjang 200 cm, lebar 95 cm dengan tinggi gelombang 3,8 cm.

Sedangkan untuk luas efektif yang bisa ditutupi oleh material atap ini adalah sekitar 1,28 m2 sampai dengan 1,53 m2. Untuk hitungan jumlah material atap yang diperlukan, onduline dapat dihitung per meter persegi. Jumlah lembar material onduline per meter persegi yaitu sebanyakan 0,78 lembar (tingkat kemiringan atap 5° sampai 10°) atau 0,65 lembar (tingkat kemiringan atap  10°)

Bobot atap ini juga terbilang sangat ringan, karena hanya mencapai 6,5 per lembar atau 3,4 kg per m2. Dengan bobot yang cukup ringan maka akan membuat proses pemasangan atap menjadi semakin mudah.



Baca juga: Harga Genteng Metal Pasir Per Lembar

Ragam Jenis Atap Onduline

Atap onduline di pasaran terbagi dalam 3 jenis, dimana setiap jenisnya memiliki kelebihan dan spesifikasi masing-masing. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai ketiga jenis onduline tersebut:

  1. Atap Onduvilla. Merupakan salah satu jenis onduline yang memiliki bobot paling ringan, bisa berbentuk 3 dimensi dan mempunyai karakter warna shader. Bentuk dan karakternya hampir sama dengan genteng keramik, hanya saja lebih lentur dan mudah untuk dibentuk.
  2. Onduline Classic. Merupakan jenis onduline yang sudah memiliki sertifikat SNI dan ramah lingkungan. Atap ini sangat lentur, mudah dibentuk dan tidak mengandung bahan asbes ataupun metal.
  3. Onduline bardoline. Merupakan salah satu jenis atap onduline yang dibuat dari material lapisan aspal. Onduline bardoline juga bisa disebut sebagai genteng aspal yang bertaraf Internasional karena memang banyak digunakan di luar negeri.

Baca juga: Rekomendasi Genteng Metal Pasir Terbaik

Kelebihan Atap Onduline

Leave a Reply

Your email address will not be published.